Potongan Surga Tersembunyi Situs Machu Picchu Di Peru

Machu Picchu merupakan sebuah destinasi wisata yang berada di ketinggian gunung dan perbukitan di Peru yang menawarkan keindahan alam.

Potongan-Surga-Tersembunyi-Situs-Machu-Picchu-Di-Peru

Mengenal Situs Machu Picchu

Machu Picchu adalah salah satu situs arkeologi yang paling terkenal di dunia, yang merupakan peninggalan dari peradaban Inca yang pernah menguasai wilayah Amerika Selatan. Machu Picchu terletak di ketinggian 2.430 meter di atas permukaan laut, di tengah hutan tropis pegunungan, dengan pemandangan yang sangat indah. Situs ini dibangun pada abad ke-15 oleh kaisar Inca Pachacuti, sebagai tempat tinggal, tempat ibadah, dan tempat observasi astronomi.

Situs ini memiliki sekitar 200 bangunan yang terbuat dari batu yang dipahat dengan sangat rapi dan presisi, tanpa menggunakan semen atau perekat lainnya. Bangunan-bangunan ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian bawah yang berfungsi sebagai lahan pertanian, dan bagian atas yang berfungsi sebagai tempat tinggal dan tempat suci. Di antara kedua bagian ini terdapat sebuah alun-alun besar yang menjadi pusat kegiatan sosial dan ritual.

Machu Picchu ditinggalkan oleh penduduknya sekitar abad ke-16, ketika kerajaan Inca ditaklukkan oleh penjajah Spanyol. Situs ini tidak diketahui oleh dunia luar sampai tahun 1911, ketika seorang penjelajah Amerika bernama Hiram Bingham menemukannya dengan bantuan seorang petani setempat. Sejak saat itu, Machu Picchu menjadi salah satu tujuan wisata populer Peru, dan juga menjadi simbol dari kebudayaan dan sejarah Inca.

Situs ini juga menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia baru yang dipilih oleh jutaan orang di seluruh dunia pada tahun 2007. Machu Picchu dinyatakan sebagai Cagar Budaya Peru pada tahun 1982 dan Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983. Situs ini diakui sebagai karya seni, arsitektur, dan penggunaan lahan yang luar biasa, dan juga sebagai warisan budaya dan alam yang sangat berharga.

Tips berwisata ke Machu Picchu

Situs ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang kaya dan endemik, yang hidup di berbagai habitat yang dipengaruhi oleh ketinggian dan iklim. Wisata ini juga memiliki banyak misteri yang belum terpecahkan, seperti fungsi sebenarnya dari beberapa bangunan, peran situs ini dalam pemahaman Inca tentang astronomi dan domestikasi tanaman liar, dan nama asli dari situs ini

Buat kamu semua yang mungkin ingin pergi berwisata ke tempat yang satu ini, maka akan lebih baik jika kalian melakukan dengan tips berikut ini. Berwisata ke Machu Picchu adalah pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan dan perhatikan sebelum dan saat mengunjungi situs arkeologi yang menakjubkan ini. Berikut ini adalah beberapa tips berwisata ke Machu.

• Tentukan waktu kunjungan yang tepat

Machu Picchu buka setiap hari sepanjang tahun, tetapi ada perbedaan cuaca dan keramaian pengunjung di setiap musim. Musim kering (Mei-Oktober) adalah waktu yang ideal untuk mengunjungi Machu, karena cuaca cerah dan langit biru. Namun, ini juga merupakan waktu yang paling ramai, sehingga Anda harus memesan tiket dan akomodasi jauh-jauh hari. Musim hujan (November-April) adalah waktu yang lebih sepi, tetapi cuaca bisa berubah-ubah dan ada risiko tanah longsor. Anda harus mempersiapkan pakaian dan perlengkapan yang sesuai dengan kondisi cuaca.

• Pilih tiket dan rute yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda

Ada beberapa jenis tiket dan rute yang bisa Anda pilih untuk mengunjungi Machu, tergantung pada waktu, anggaran, dan minat Anda. Anda bisa memilih tiket masuk umum, yang memberi Anda akses ke salah satu dari empat sirkuit yang ada di situs ini.

Anda juga bisa memilih tiket pendakian gunung, yang memberi Anda akses ke salah satu dari dua gunung yang berada di sekitar situs ini, yaitu Huayna Picchu atau Machu Picchu Mountain. Kalian juga bisa memilih tiket kereta api, yang memberi Anda akses ke situs ini dengan naik kereta api dari Cusco atau Ollantaytambo.

Atau, Anda bisa memilih tiket trekking, yang memberi Anda akses ke situs ini dengan berjalan kaki melalui jalur Inca atau jalur alternatif lainnya. Anda harus memilih tiket dan rute yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda, karena setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda juga harus memesan tiket Anda secepat mungkin, karena tiket terbatas dan bisa habis beberapa bulan sebelumnya.

• Sewa pemandu lokal yang profesional dan berpengalaman

Meskipun pemandu tidak wajib, namun sangat disarankan untuk menyewa pemandu lokal yang profesional dan berpengalaman untuk mengunjungi Machu Picchu. Pemandu lokal bisa memberi Anda informasi dan penjelasan yang lebih mendalam dan menarik tentang sejarah, budaya, dan misteri yang ada di situs ini.

Pemandu lokal juga bisa membantu Anda mengatur waktu, rute, dan tempat-tempat yang harus Anda kunjungi di situs ini. Anda bisa menyewa pemandu lokal di pintu masuk situs ini, atau melalui agen perjalanan yang Anda percayai. Pastikan Anda memeriksa kualifikasi, lisensi, dan bahasa yang digunakan oleh pemandu lokal sebelum Anda menyewanya.

• Bawa perlengkapan dan persediaan yang cukup dan sesuai

Mengunjungi Machu Picchu membutuhkan perlengkapan dan persediaan yang cukup dan sesuai, karena Anda akan berada di ketinggian yang tinggi, dengan cuaca yang bisa berubah-ubah, dan dengan fasilitas yang terbatas. Anda harus membawa pakaian dan sepatu yang nyaman dan sesuai dengan cuaca, seperti jaket, topi, kacamata hitam, dan sepatu hiking.

Anda juga harus membawa obat-obatan dan perlengkapan kesehatan yang Anda butuhkan, seperti obat pencegah mabuk ketinggian, obat anti nyamuk, obat sakit kepala, dan plester. Kamu  juga harus membawa makanan dan minuman yang cukup untuk sehari, karena tidak ada restoran atau toko di situs ini. Anda juga harus membawa kamera dan baterai cadangan untuk mengabadikan momen-momen indah Anda saat travelgo di situs ini.

• Nikmati setiap momen dan jangan lupa menghormati situs ini

Machu Picchu adalah salah satu situs warisan dunia yang sangat berharga dan harus dihormati. Anda harus mengikuti aturan dan petunjuk yang ada di situs ini, seperti tidak merusak, mencoret, atau membuang sampah sembarangan. Anda juga harus menghormati hewan dan tumbuhan yang ada di situs ini.

Seperti tidak memberi makan, mengganggu, atau merusaknya. Anda juga harus menghormati orang-orang yang ada di situs ini, seperti tidak mengambil foto tanpa izin, tidak berisik, atau tidak menghalangi pandangan orang lain. Anda harus menikmati setiap momen dan menghargai keindahan dan keajaiban yang ada di situs ini.

Tips Menghemat Biaya

Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat biaya berwisata ke Machu Picchu:

  • Pergi di luar musim liburan: Harga tiket pesawat, kereta api, dan hotel biasanya lebih murah di luar musim liburan.
  • Tinggal di hostel: Hostel biasanya menawarkan tarif yang lebih murah dibandingkan hotel.
  • Membawa makanan sendiri: Makanan di restoran di sekitar Machu Picchu biasanya lebih mahal.
  • Membeli tiket masuk secara online: Tiket masuk Machu Picchu biasanya lebih murah jika dibeli secara online.
  • Mendaftar tur: Tur biasanya menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan jika berwisata sendiri.

Baca Juga : Jogja Bay, Waterpark Terbesar di Indonesia yang Ada Di Yogyakarta

Budgeting berwisata ke Machu Picchu

Budgeting berwisata ke Machu Picchu dapat bervariasi tergantung pada durasi perjalanan, jenis transportasi yang digunakan, dan tempat menginap. Berikut adalah gambaran umum biaya yang perlu dipersiapkan untuk berwisata ke Machu Picchu:

Tiket masuk : Tiket masuk ke Machu Picchu dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Tiket masuk biasa: Rp 1.800.000
  • Tiket masuk sunrise: Rp 2.200.000
  • Transportasi

Biaya transportasi ke Machu Picchu dapat dihitung berdasarkan jarak yang ditempuh. Berikut adalah beberapa pilihan transportasi yang dapat digunakan untuk menuju Machu Picchu:

Dari Lima, Peru:

  • Pesawat: Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000
  • Kereta api: Rp 1.500.000 – Rp 2.500.000
  • Bus: Rp 1.000.000 – Rp 1.500.000

Dari Cusco, Peru:

  • Kereta api: Rp 1.000.000 – Rp 1.500.000
  • Bus: Rp 500.000 – Rp 750.000
  • Akomodasi

Pilihan akomodasi di sekitar Machu cukup beragam, mulai dari hostel hingga hotel mewah. Berikut adalah beberapa contoh biaya akomodasi di sekitar Machu Picchu:

  • Hostel: Rp 100.000 – Rp 200.000 per malam
  • Hotel bintang 3: Rp 500.000 – Rp 1.000.000 per malam
  • Hotel bintang 4: Rp 1.000.000 – Rp 2.000.000 per malam
  • Hotel bintang 5: Rp 2.000.000 – Rp 5.000.000 per malam

Biaya lain-lain

Biaya lain-lain yang perlu dipersiapkan untuk berwisata ke Machu Picchu meliputi:

  • Makanan: Rp 200.000 – Rp 500.000 per hari
  • Aktivitas wisata: Rp 100.000 – Rp 200.000 per hari
  • Suvenir: Rp 100.000 – Rp 200.000

Berdasarkan gambaran umum biaya di atas, berikut adalah contoh anggaran berwisata ke Machu Picchu selama 3 hari 2 malam:

  • Tiket masuk: Rp 3.600.000
  • Transportasi: Rp 2.500.000
  • Akomodasi: Rp 2.000.000
  • Makanan: Rp 1.500.000
  • Aktivitas wisata: Rp 500.000
  • Suvenir: Rp 500.000
  • Total anggaran: Rp 10.100.000

Anggaran di atas dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran masing-masing wisatawan abkhaziya.net

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *