Curup Gangsa Surga Tersembunyi di Bengkulu Yang Memukau

Curup Gangsa merupakan sebuah destinasi wisata yang terletak di Bengkulu dan menyimpan keindahan alam yang luar biasa.

Curup-Gangsa-Surga-Tersembunyi-di-Bengkulu-Yang-Memukau (1)

Apa Itu Curup Gangsa

Curup Gangsa adalah sebuah air terjun yang terletak di Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter, dan airnya berasal dari patahan Sungai Way Tangkas. Destinasi Air terjun ini memiliki warna yang putih bersih, dan mengeluarkan buih yang menambah keindahannya. Air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, dan udara yang sejuk. Air terjun ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menarik dan menawan di Sumatera Utara.

Nama Curup berasal dari legenda masyarakat setempat, yang mengatakan bahwa bunyi gemerincing air terjun ini bagaikan bunyi seruling Gangsa. Seruling Gangsa adalah seruling bambu yang umum digunakan oleh masyarakat pada masa lalu. Konon, ada seorang wanita yang bunuh diri di air terjun ini karena cintanya ditolak oleh kekasihnya.

Untuk mencapai Curup, Anda bisa mengambil salah satu dari beberapa rute yang tersedia, seperti rute Medan – Pematang Siantar – Sampuran Mual Dibalata – Desa Tiga Balata, rute Pematang Siantar – Tanjung Beringin – Air Terjun Bah Biak, atau rute Pematang Siantar – Tanjung Morawa – Air Terjun Sampuran Efrata. Setiap rute memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung pada kondisi jalan, jarak, dan pemandangan yang ditawarkan.

Di Curup Gangsa, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan, seperti berenang, bersantai, bermain arung jeram, atau berfoto dengan latar belakang air terjun yang indah. Anda juga bisa menikmati suasana alam yang asri dan damai, serta mengenal budaya dan tradisi masyarakat setempat.

Saya harap ini membantu Anda mengetahui lebih banyak tentang Curup Gangsa. Jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, Anda bisa memesan tiket dan paket wisata melalui Expedia. Selamat Travelgo !

Rute Menuju Curup Gangsa

Ada dua rute yang dapat dilalui untuk menuju Curup Gangsa dari Bengkulu. Rute pertama adalah melalui jalur darat dengan jarak tempuh sekitar 407,8 kilometer dan waktu tempuh sekitar 11 jam 8 menit. Jalan kedua adalah melalui jalur darat dengan jarak tempuh sekitar 470,5 kilometer dan waktu tempuh sekitar 12 jam 36 menit.

Rute 1

Rute pertama dimulai dari Kota Bengkulu. Dari Kota Bengkulu, Anda harus menuju ke Jalan Lintas Barat Sumatera (Jalinbar). Jalan ini akan membawa Anda melewati kota-kota seperti Tais, Manna, dan Sukaraja. Setelah melewati Sukaraja, Anda akan sampai di Desa Anugrah Kemu. Dari Desa Anugrah Kemu, Anda harus berbelok ke kanan menuju Jalan Raya Pulau Beringin. Jalan ini akan membawa Anda langsung ke Curup Gangsa.

Rute 2

Rute kedua dimulai dari Kota Bengkulu. Dari Kota Bengkulu, Anda harus menuju ke Jalan M.T. Haryono. Jalan ini akan membawa Anda melewati kota-kota seperti Kepahiang, Pagar Alam, dan Lubuk Linggau. Setelah melewati Lubuk Linggau, Anda akan sampai di Desa Tanjung Agung. Dari Desa Tanjung Agung, Anda harus berbelok ke kanan menuju Jalan Raya Prabumulih-Baturaja. Jalan ini akan membawa Anda langsung ke Curup Gangsa.

Tips Perjalanan

Berikut adalah beberapa tips perjalanan yang dapat Anda ikuti untuk menuju keindahan Curup Gangsa:

Persiapan kendaraan

Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan. Pastikan juga Anda memiliki perlengkapan yang dibutuhkan, seperti ban cadangan, obat-obatan, dan makanan ringan.

Istirahat yang cukup

Perjalanan menuju Curup Gangsa cukup jauh. Oleh karena itu, pastikan Anda beristirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan.

Hati-hati di jalan

Jalan menuju Curup Gangsa cukup menantang. Ada beberapa titik yang curam dan berkelok-kelok. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat mengemudi.

Nikmati perjalanan

Jalan-jalan ke Curup Gangsa adalah kesempatan untuk menikmati keindahan alam Bengkulu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menikmati perjalanan Anda.

Kegiatan Di Curup Gangsa

Buat kalian yang sudah berkunjung ke tempat yang satu ini, maka kalian bisa melakukan berbagai aktifitas. Berikut di bawah ini kami sudah memberikan contoh berbagai aktifitas yang bisa kalian lakukan di wiata yang satu ini.

• Berenang

Anda bisa berenang di kolam air terjun yang jernih dan segar, sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Anda bisa merasakan sensasi menyegarkan dan menyenangkan saat berada di bawah guyuran air terjun. kamu juga bisa melihat berbagai ikan dan hewan air lainnya yang hidup di kolam air terjun. Berenang di Curup Gangsa adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran Anda, sambil bersenang-senang.

• Bersantai menikmati pemandangan alam

Anda bisa bersantai di sekitar air terjun, sambil menikmati pemandangan alam yang asri dan damai. Kamu bisa duduk di atas bebatuan, berbaring di bawah pohon, atau berjalan-jalan di sekitar sungai. kalian bisa mendengarkan suara air terjun, burung, dan angin yang menenangkan. Anda juga bisa menghirup udara yang sejuk dan segar, yang baik untuk paru-paru Anda. Bersantai menikmati pemandangan alam di Curup Gangsa adalah cara yang baik untuk menghilangkan stres dan kecemasan, sambil mengisi energi Anda.

• Bermain arung jeram

Jika Anda ingin lebih menantang dan petualang, Anda bisa bermain arung jeram di sungai Way Tangkas, yang merupakan sumber air terjun Curup Gangsa. Anda bisa menyewa perahu karet dan perlengkapan lainnya dari pihak pengelola atau operator wisata, dan berlayar di sepanjang sungai yang memiliki arus yang deras dan berbatu. Kamu harus menghadapi berbagai rintangan dan tantangan, seperti jeram, batu, dan cabang pohon. Kalian juga bisa melihat berbagai pemandangan alam yang menarik, seperti hutan, tebing, dan air terjun. Bermain arung jeram di Curup Gangsa adalah cara yang menyenangkan dan menegangkan untuk menguji keterampilan dan keberanian Anda, sambil berpetualang .

• Hunting foto kece

Jika Anda ingin mengabadikan momen dan kenangan Anda di Curup Gangsa, Anda bisa hunting foto kece di berbagai spot yang ada di sekitar air terjun. Anda bisa berfoto dengan latar belakang air terjun yang indah, dengan pose yang keren dan menarik. Kalian juga bisa berfoto dengan berbagai hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar air terjun, seperti ikan, burung, bunga, dan daun. Kamu juga bisa berfoto dengan teman-teman atau keluarga Anda, dengan ekspresi yang ceria dan bahagia. Hunting foto kece di Curup Gangsa adalah cara yang bagus untuk menunjukkan pengalaman dan keindahan Anda, sambil berbagi dengan orang lain.

Baca Juga : Wisata Unik di Antartika yang Jadi Destinasi Impian Para Petualang

Spot Foto Menarik Di Curup Gangsa

Curup Gangsa memiliki beberapa spot foto menarik yang dapat Anda manfaatkan untuk mengabadikan momen liburan Anda. Berikut adalah beberapa spot foto menarik di Curup Gangsa:

Air Terjun

Tentu saja, air terjun adalah spot foto utama di Curup. Air terjunnya yang mengalir deras dan jernih akan menjadi latar belakang yang sempurna untuk foto Anda. Kalian dapat mengambil foto dari berbagai sudut, baik dari atas, samping, atau depan.

Jembatan Pengantin

Jembatan pengantin adalah salah satu spot foto paling populer di Curup. Lokasi Jembatan ini terletak di atas air terjun, sehingga Anda dapat mengambil foto dengan latar belakang air terjun yang spektakuler.

Bebatuan Air Terjun

Bebatuan air terjun juga dapat menjadi spot foto yang menarik. Anda dapat mengambil foto di atas bebatuan, di bawah air terjun, atau di samping air terjun.

Tangga Pohon

Tangga pohon adalah spot foto yang unik dan menarik. Anda dapat mengambil foto dari atas tangga pohon, di bawah tangga pohon, atau di samping tangga pohon.

Selain spot foto-spot foto tersebut, Anda juga dapat mengambil foto di area sekitar air terjun. Ada banyak pohon dan tumbuhan yang tumbuh di sekitar air terjun, sehingga Anda dapat mengambil foto dengan latar belakang yang alami abkhaziya.net.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *