Gunung Krakatau – Wisata Paling Populer Saat Ini Dengan Berbagai Tempat Keindahan Alamnya

Gunung Krakatau merupakan sebuah gunung berapi yang terletak di Selat Sunda, tempat ini terkenal dengan letusan dahsyatnya pada tahun 1883, yang dimana telah menyebabkan tsunami, perubahan iklim, dan kematian ribuan orang dimana hampir memusnakan populasi kehdiupan.

Gunung-Krakatau-Wisata-Paling-Populer-Saat-Ini-Dengan-Berbagai-Tempat-Keindahan-Alamnya

Ditempat ini anda dapat melakukan berbagai aktivitas yang menawarkan pengalaman berpetualang di salah satu gunung berapi paling terkenal di dunia. Wisata ini memungkinkan kamu untuk melihat secara langsung fenomena vulkanik yang terus berlangsung di Anak Krakatau, pulau yang muncul dari kaldera Gunung Krakatau setelah letusan dahsyat pada tahun 1883.

Berbagai Tempat Menarik Di Gunung Krakatau

Wisata Gunung Krakatau merupakan sebuah tempat yang menjadi daya tarik para wisatawan, karena ditempat ini juga terdapat beberapa pulau lain di sekitar Wisata Gunung Krakatau yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Berikut dibawah ini kami akan memberitahukan tempat menarik di Gunung Krakatau yang bisa kamu kunjungi:

1. Lagoon Cabe

Lagoon-Cabe

Wisata Lagoon Cabe adalah sebuah aktivitas yang menawarkan pengalaman snorkeling di salah satu spot terbaik di sekitar Wisata Gunung Krakatau. Lagoon Cabe adalah sebuah teluk yang terletak di antara Pulau Sebuku Kecil dan Pulau Sebuku Besar, yang merupakan bagian dari Gunung Rakata, gunung berapi purba yang tidak hancur akibat letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Di Lagoon Cabe, kamu bisa menikmati pemandangan laut biru yang jernih dan tenang, serta terumbu karang yang indah dan berwarna-warni. Kamu bisa melihat berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya, seperti nemo, bintang laut, dan ubur-ubur. Anda juga bisa melihat batuan vulkanik merah berpori yang berjatuhan dari kawah Gunung Rakata ke dalam laut. Kamu bisa melakukan snorkeling di Lagoon Cabe dengan membawa peralatan sendiri atau menyewanya dari penyedia paket wisata Travel’go.

Untuk berwisata ke Lagoon Cabe, kamu bisa mengikuti paket wisata yang juga mengunjungi Anak Krakatau, pulau yang muncul dari kaldera Gunung Krakatau setelah letusan dahsyat pada tahun 1883. Kamu bisa memilih jalur dari Jawa atau dari Sumatra, tergantung dari lokasi kamu.

2. Pulau Sebuku Besar

Pulau-Sebuku-Besar

Wisata Pulau Sebuku Besar adalah sebuah aktivitas yang menawarkan pengalaman berjelajah di hutan tropis yang lebat dan kaya akan flora dan fauna. Pulau ini memiliki luas sekitar 17,71 km² dan merupakan bagian dari Gunung Rakata, selama berwisata di Pulau Sebuku Besar, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru, seperti:

  • Trekking di hutan tropis: Kamu bisa menikmati keindahan alam yang masih alami dan segar di hutan tropis yang ada di pulau ini.
  • Camping di tepi pantai: Kamu bisa menginap di tenda yang disediakan oleh penyedia paket wisata atau membawa tenda sendiri.
  • Berkebun dan berinteraksi dengan masyarakat lokal: Kamu bisa mengunjungi beberapa desa yang ada di pulau ini dan belajar tentang sejarah dan budaya masyarakat lokal. Kamu juga bisa membantu mereka dalam berkebun dan memanen hasil perkebunan mereka, seperti rempah-rempah dan kopra. Kamu juga bisa mencicipi makanan khas mereka yang lezat dan sehat.

3. Pulau Sebesi

Pulau-Sebesi

Wisata Pulau Sebesi adalah sebuah aktivitas yang menawarkan pengalaman mengunjungi salah satu pulau yang berada di sekitar Wisata Gunung Krakatau, pulau Sebesi ini memiliki luas sekitar 16 km persegi dan merupakan bagian dari Gunung Rakata. Tempat ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan, baik daratan maupun lautan, serta sejarah dan budaya yang kaya. Selama berwisata di Pulau Sebesi, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru, seperti:

  • Naik kano: Kamu bisa menaiki kano di perairan Pulau Sebesi dan menikmati pemandangan indah dengan hamparan laut biru dan batuan vulkanik merah berpori yang berjatuhan dari kawah Gunung Rakata.
  • Menemukan spot fotogenik: Kamu bisa menemukan berbagai spot fotogenik di Pulau Sebesi, seperti pohon-pohon yang terbakar akibat letusan Gunung Krakatau, batu-batu vulkanik yang berbentuk unik, atau pemandangan Anak Krakatau dari kejauhan.
  • Bersantai sambil minum kelapa: Kamu bisa bersantai dan menikmati suasana pulau yang tenang dan sejuk sambil minum kelapa muda langsung dari pohonnya. Kamu juga bisa mencicipi makanan khas pulau, seperti pisang goreng, jagung bakar, atau ikan bakar.
  • Mendaki Gunung Pulau Sebesi: Kamu bisa menantang diri kamu untuk mendaki Gunung Pulau Sebesi, sebuah bukit kecil yang berada di tengah pulau. Kamu bisa melihat pemandangan pulau dari ketinggian dan merasakan sensasi berada di atas gunung berapi.

Akses Menuju Gunung Krakatau

Jika anda ingin berkunjung ataupun ingin berliburan ketempat ini, yang dimana ingin mendapatkan pengalaman berluiburan terbaik. Maka disini kami akan menjelaskan berbagai akses menuju Wisata gunung krakatau, berikut dibawah ini kami akan memberitahukanya :

  • Rute pertama: Lewat Pelabuhan Canti di Kalianda, Lampung Selatan. Kamu harus menyeberang dari Pelabuhan Merak di Banten ke Pelabuhan Bakauheni di Lampung, lalu naik transportasi darat ke Pelabuhan Canti. Dari sana, kamu bisa naik kapal penumpang yang berangkat sehari sekali ke Pulau Sebesi, salah satu pulau di sekitar Wisata Gunung Krakatau. Di Pulau Sebesi, kamu bisa menginap di rumah penduduk, lalu melanjutkan perjalanan ke Anak Krakatau, pulau yang muncul dari kaldera Gunung Krakatau, dengan menyewa perahu motor.
  • Rute kedua: Lewat Pelabuhan Ikan di Kalianda, Lampung Selatan. Kamu juga harus menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni, lalu naik transportasi darat ke Pelabuhan Ikan. Dari sana, kamu bisa menyewa perahu motor yang langsung menuju Anak Krakatau. Tarifnya bisa dinegosiasikan, tergantung lama penyewaan perahu.
  • Rute ketiga: Lewat Pelabuhan Anyer di Banten. Kamu tidak perlu menyeberang ke Lampung, tetapi langsung berangkat dari Pelabuhan Anyer. Rute ini lebih mahal, karena jarak tempuhnya lebih jauh. Tetapi, rute ini lebih cocok jika kamu membawa alat berat, seperti kompresor atau alat selam. Dari Pelabuhan Anyer, kamu bisa menyewa perahu motor yang langsung menuju Anak Krakatau.

Baca Juga : Wisata Lengkung Langit Lampung Surga Baru Bagi Pecinta Fotografi

Tips Membawa Perlengkapan Untuk Mendaki Gunung Krakatau

Wisata Gunung Krakatau merupakan tempat paling bersejarah, yang dimana sampai saat ini masih tidak terlupakan. Yakni letusannya yang hampir memusnahkan populasi makhluk hidup. Namun dibalik kejadian tersebut terdapat berbagai tempat-tempat alam yang indah dan cantik yang sering sekali dikunjungi oleh para wisatawan. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin berkunjung ketempat ini dan ingin mendaki gunungnya. Berikut dibawah ini kami akan memberikan beberapa tips membawa perlengkapan untuk mendaki, yang dijamin sangat berguna untuk anda :

  • Pakaian yang sesuai dengan cuaca dan kondisi gunung, seperti baju dan celana katun atau rajut, jaket antiangin dan waterproof, topi, sarung tangan, dan kaos kaki.
  • Sepatu gunung yang nyaman dan kuat, serta sandal untuk cadangan.
  • Tas ransel atau carrier yang cukup besar untuk menampung barang-barang kamu, serta rain cover untuk melindungi tas dari hujan.
  • Tenda kedap air, matras atau alas tidur, dan sleeping bag untuk menginap di gunung.
  • Peralatan masak, seperti kompor lapangan, nesting, gas kecil, dan peralatan makan, seperti piring, sendok, mangkuk, dan gelas.
  • Makanan dan minuman yang cukup untuk selama pendakian, seperti nasi, lauk, roti, biskuit, cokelat, kopi, teh, dan air mineral. Kamu juga bisa membawa filter air untuk menyaring air dari sumber alam.
  • Kotak P3K yang berisi obat-obatan, plester, antiseptik, dan peralatan medis lainnya.
  • Tabir surya dan lotion anti serangga untuk melindungi kulit kamu dari sinar matahari dan gigitan serangga.
  • Pisau serbaguna, kabel nilon, dan korek api atau pemantik api untuk keperluan darurat.
  • Senter (senter genggam atau senter kepala) plus baterai cadangan untuk menerangi jalan saat malam hari.
  • Kacamata hitam untuk melindungi mata kamu dari silau dan debu.
  • Kamera, power bank, dan handphone untuk mengabadikan momen dan berkomunikasi.

Klik link ini abkhaziya.net jika kalian ingin mendapatkan informasi wisata lainya.

Similar Posts

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *