Gunung Semeru – Wisata Pendakian Gunung Populer Saat Ini Dengan Berbagai Tempat Menariknya

Gunung Semeru merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang, dimana terletak di Jawa Timur, Indonesia. Sejak tahun 1818, setidaknya 55 letusan telah tercatat, yang terdiri dari aliran lava dan awan panas.

Gunung-Semeru-Wisata-Pendakian-Gunung-Populer-Saat-Ini-Dengan-Berbagai-Tempat-Menariknya

Gunung ini telah berada dalam keadaan erupsi hampir terus-menerus sejak tahun 1967 hingga sekarang. Gunung Semeru sering menjadi tujuan pendakian wisatawan, meskipun bisa berbahaya. Di puncak Gunung Semeru terdapat kawah yang disebut Jonggring Saloko.

Berbagai Tempat Menarik Di Gunung Semeru Beserta Aksenya

Gunung Semeru adalah gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, yang menawarkan pemandangan spektakuler. Gunung ini juga merupakan tempat wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan dan pendaki. Ada banyak tempat menarik di Gunung Semeru yang dapat Anda kunjungi, berikut dibawah ini kami akan memberitahukan wisata menarik di gunung semeru :

Berbagai-Tempat-Menarik-Di-Gunung-Semeru-Beserta-Aksenya

1. Air Terjun Coban Sewu

Wisata air terjun Coban Sewu berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, dan Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter, dan airnya mengalir dari tebing yang menjulang. Anda dapat mengakses lokasi ini dari arah Lumajang atau Malang, dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Jaraknya sekitar 40 km dari Lumajang dan 60 km dari Malang.

Untuk mengunjungi tempat ini anda harus memvabayar harga tiket masuk yang cukup terjangkau, yaitu Rp 5.000 per orang. Anda juga harus membayar biaya parkir, yaitu Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Selain itu, anda juga harus membayar biaya guide, yaitu Rp 10.000 per orang, untuk menemani Anda turun ke bawah air terjun.

2. Ranu Pani Dan Ranu Regulo

Kedua tempat ini juga merupakan titik awal pendakian menuju puncak Gunung Semeru, yang sering dikunjungi oleh para pendaki dan petualang. Kedua wisata ini juga memiliki fasilitas yang cukup baik, seperti area parkir, toilet, warung, gazebo, tempat beribadah, dan homestay.

Anda dapat mengunjungi objek wisata ini setiap hari dari jam 08.00 hingga 17.00, dengan harga tiket masuk Rp. 5.000,- per orang. Jika Anda ingin mengunjungi Wisata ini Anda dapat menempuh perjalanan sekitar 40 menit dari pusat Kota Lumajang, atau sekitar 10 kilometer dari arah utara Kota Lumajang.

Baca Juga : Wisata Pantai Kejawanan Cirebon Pesona Keindahan Alam Yang Memukau

3. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo adalah sebuah objek wisata yang terletak di jalur pendakian Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa. Tempat ini merupakan sebuah danau air tawar yang memiliki pemandangan yang indah dan tenang, dengan air yang berwarna biru dan dikelilingi oleh pepohonan. Ranu Kumbolo juga merupakan tempat favorit para pendaki untuk berkemah dan menikmati matahari terbit dan terbenam yang spektakuler di Travel’go

Untuk mengunjungi Ranu Kumbolo, Anda harus melakukan pendakian dari Desa Ranu Pani, yang merupakan titik awal menuju Gunung Semeru. Anda akan melewati beberapa pos dan jalur yang cukup menantang, seperti tanjakan cinta, bukit cinta, dan savana. Perjalanan dari Ranu Pani ke Ranu Kumbolo membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam.

4. Kalimati

Ini adalah puncak tertinggi di Gunung Semeru, yang berada di ketinggian 3.676 mdpl. Puncak ini juga disebut Jonggring Saloko, yang merupakan kawah aktif yang mengeluarkan asap setiap 20 menit. Puncak ini memiliki pemandangan yang luar biasa, dengan panorama 360 derajat.

Anda dapat merasakan kebanggaan dan kepuasan saat mencapai puncak ini, tetapi Anda harus berhati-hati dengan cuaca dan medan yang berbahaya. Untuk mencapai puncak Mahameru, Anda harus melakukan pendakian yang membutuhkan waktu sekitar empat hari tiga malam, dengan melewati beberapa pos dan jalur yang berbeda.

Berbagai Persiapan Yang Harus Disediakan Ketika Mendaki Gunung Semeru

Berbagai-Persiapan-Yang-Harus-Disediakan-Ketika-Mendaki-Gunung-Semeru

Gunung Semeru masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang memiliki keanekaragaman hayati dan pemandangan yang menarik. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin mendaki gunung ini. Berikut dibawah ini kami akan memberikan beberapa persiapan yang sangat berguna untuk anda :

  • Kondisi fisik dan kesehatan: Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki kondisi fisik dan kesehatan yang baik, karena pendakian Gunung Semeru membutuhkan tenaga dan stamina yang besar. Anda dapat melakukan latihan fisik seperti jogging, bersepeda, atau senam sebelum mendaki.
  • Peralatan dan perlengkapan: Anda harus membawa peralatan dan perlengkapan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti tenda, sleeping bag, matras, pakaian hangat, jaket hujan, sepatu hiking yang nyaman, topi, sarung tangan, kacamata hitam, senter, dan obat-obatan pribadi.
  • Logistik: Anda harus membawa logistik yang cukup dan bergizi, seperti air minum, makanan ringan, makanan siap saji, dan suplemen. Anda juga harus memperhatikan cara penyimpanan dan pembuangan logistik agar tidak merusak lingkungan.
  • Surat izin: Anda harus melakukan pendaftaran dan pengambilan surat izin dari Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), yang berlokasi di Jl. Raden Intan No. 6, Malang.

Berbagai Penginapan Di Gunung Semeru

Jika Anda ingin menginap di sekitar Gunung Semeru, Anda dapat memilih beberapa tempat penginapan yang menawarkan fasilitas dan harga yang bervariasi, seperti:

1. Tumpaksewu Homestay

Ini adalah tempat penginapan yang berada di Jalan raya sidomulyo, Krajan, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Tempat ini berjarak sekitar 13,5 km dari Gunung Semeru, dan menawarkan kamar-kamar yang nyaman dan bersih, dengan fasilitas seperti kamar mandi dalam, TV, AC, dan Wi-Fi. Anda juga dapat menikmati pemandangan air terjun Tumpaksewu yang indah dari tempat ini.

2. Sukapura Permai Hotel

Ini adalah hotel bintang 2 yang berada di Jalan Raya Bromo No. 99, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur. Hotel ini berjarak sekitar 24 km dari Gunung Semeru, dan menawarkan kamar-kamar yang luas dan elegan, dengan fasilitas seperti kamar mandi dalam, TV, AC, dan balkon. Anda juga dapat menikmati fasilitas lain seperti restoran, layanan kamar, dan transfer bandara.

3. SPOT ON 2828 Desa Wisata Gubugklakah

Ini adalah tempat penginapan yang berada di Jalan Raya Gubugklakah, Gubugklakah, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur. Tempat ini berjarak sekitar 14 km dari Gunung Semeru, dan menawarkan kamar-kamar yang sederhana dan bersih, dengan fasilitas seperti kamar mandi dalam, TV, dan Wi-Fi. Anda juga dapat menikmati fasilitas lain seperti properti bebas asap rokok dan bahasa Inggris.

4. Padi Heritage Ngadas Cottage

Ini adalah tempat penginapan yang berada di Jalan Raya Ngadas, Ngadas, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur. Tempat ini berjarak sekitar 18 km dari Gunung Semeru, dan menawarkan kamar-kamar yang unik dan tradisional, dengan fasilitas seperti kamar mandi dalam, TV, dan Wi-Fi. Anda juga dapat menikmati fasilitas lain seperti layanan kamar dan pemandangan pegunungan.

5. Homestay Pak Heni

Ini adalah tempat penginapan yang berada di Jalan Raya Prigen No. 1, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Tempat ini berjarak sekitar 30 km dari Gunung Semeru, dan menawarkan kamar-kamar yang nyaman dan homey, dengan fasilitas seperti kamar mandi dalam, TV, dan AC. Anda juga dapat menikmati fasilitas lain seperti dapur bersama dan parkir gratis.

Klik link ini abkhaziya.net jika kalian ingin mendapatkan informasi wisata lainya.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *