Pulau Belitung – Intip Berbagai Keindahan Pulau Paling Sempurna Di Indonesia, Dengan Berbagai Tempat Menariknya

Pulau Belitung adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatra, Indonesia, yang dikelilingi oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata.

Pulau-Belitung-Intip-Berbagai-Keindahan-Pulau-Paling-Sempurna-Di-Indonesia,-Dengan-Berbagai-Tempat-Menariknya

Tempat ini adalah salah satu pilihan liburan yang menarik di Indonesia. Pulau ini menawarkan keindahan alam yang memukau. Mulai dari pantai-pantai berpasir putih, pulau-pulau kecil nan eksotis. Hingga danau-danau berwarna biru. Selain itu, Pulau Belitung juga memiliki kekayaan budaya, sejarah, dan literasi yang bisa kamu nikmati.

Berbagai Tempat Menarik Di Pulau Belitung

Saat ini, Pulau Belitung merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Karena tempat ini juga terkenal dengan film layar lebarnya. Yaitu “Laskar Pelanggi”. Sehingga tidak heran mengapa banyak orang tertarik dan tau akan keindahan tempat ini. Selain itu juga tempat ini juga memiliki beberapa tempat menariknya. Bagi anda yang ingin tahu berikut dibawah ini kami akan menjelaskan berbagai tempat menarik di Pulau Belitung :

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai-Tanjung-Tinggi

Wisata Pantai Tanjung Tinggi adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Pulau Belitung.

Pantai Tanjung Tinggi terletak di Desa Ciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Beldaring, Kepulauan Bangka Belitung. Tempat ini berjarak sekitar 31 km dari kota Tanjung Pandan dan sekitar 37 km dari bandara H.A.S. Hanandjoeddin. Pantai ini dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi atau sewa dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Pantai Tanjung Tinggi semakin terkenal setelah menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi pada tahun 2005. Film ini diangkat dari novel karya Andrea Hirata Travel’go. Yang menceritakan kehidupan anak-anak di sebuah sekolah miskin di Belitung. Di pantai ini, terdapat sebuah tugu yang menandai bahwa pantai ini pernah menjadi lokasi syuting film tersebut.

Pantai Tanjung Tinggi menawarkan berbagai aktivitas wisata yang menyenangkan. Seperti berenang, snorkeling, diving, bermain pasir, berfoto, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan. Di sekitar pantai ini, terdapat juga fasilitas-fasilitas yang mendukung. Seperti area parkir, warung makan, kamar mandi, penginapan, dan wahana permainan air.

2. Danau Kaolin

Danau-Kaolin

Wisata Danau Kaolin adalah salah satu destinasi wisata yang unik dan eksotis di Pulau Belitung. Danau ini merupakan bekas tambang kaolin yang menyisakan warna air biru muda dan pasir putih. Tempat ini menjadi salah satu ikon wisata Belitung yang menarik untuk di kunjungi.

Danau Kaolin terletak di Perawas, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Danau ini berjarak sekitar 31 km dari kota Tanjung Pandan dan sekitar 37 km dari bandara H.A.S. Hanandjoeddin. Danau ini dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi. Atau sewa dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Beberapa kegiatan yang menarik yang bisa di lakukan di Danau Kaolin adalah:

3. Pulau Lengkuas

Pulau-Lengkuas

Wisata Pulau Lengkuas adalah salah satu destinasi wisata yang unik dan eksotis di Pulau Belitung. Pulau ini memiliki ciri khas mercusuar tua. Peninggalan Belanda yang di bangun pada tahun 1882. Tempat ini juga menawarkan keindahan alam yang memukau. Seperti batu-batu granit raksasa, pasir putih, dan air laut yang jernih dan biru.

Pulau Lengkuas terletak di Utara desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Tempat ini dapat di jangkau dengan menyewa perahu dari Tanjung Binga atau Tanjung Kelayang. Dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

4. Geosite Batu Baginda

Geosite-Batu-Baginda

Wisata Geosite Batu Baginda adalah salah satu destinasi wisata yang menantang dan menarik di Pulau Belitung. Geosite ini merupakan sebuah formasi batu granit yang menjulang tinggi dan menjadi tempat favorit para pendaki dan fotografer.

Batu Baginda terletak di Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Batu ini berjarak sekitar 50 km dari kota Tanjung Pandan dan sekitar 60 km dari bandara H.A.S. Hanandjoeddin. Batu ini dapat di jangkau dengan kendaraan pribadi atau sewa dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Tempat ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan luas sekitar 1 hektar. Batu ini terbentuk dari proses erosi dan pelapukan yang terjadi sejak zaman Dinosaurus. Batu ini menjadi salah satu geosite yang masuk ke dalam Geopark Belitung. Yang diakui oleh UNESCO. Sebagai UNESCO Global Geopark pada tahun 2021.

5. Museum Kata Andrea Hirata

Museum-Kata-Andrea-Hirata

Wisata Museum Kata Andrea Hirata adalah sebuah museum yang didirikan oleh penulis novel Laskar Pelangi. Andrea Hirata di Pulau Belitung. Museum ini merupakan museum literasi pertama dan satu-satunya di Indonesia. Yang menampilkan berbagai koleksi buku, foto, dan memorabilia yang berkaitan dengan novel dan film Laskar Pelangi.

Tempat ini terletak di Jalan Laskar Pelangi, Gantong, persis di pinggir jalan. Museum ini dibangun di sebuah rumah yang sudah berumur 200 tahun. Dengan cat warna-warni yang mencolok. Museum ini memiliki beberapa ruangan. Yang di beri nama sesuai dengan tokoh-tokoh dalam novel Laskar Pelangi. Seperti Ruang Lintang, Ruang Ikal, dan Ruang Mahar.

Di dalam museum ini. Anda bisa melihat cuplikan film Laskar Pelangi. Tulisan inspiratif dari novel Laskar Pelangi, sepeda kesayangan Ikal. Cover Laskar Pelangi yang di terbitkan di berbagai negara. Lukisan kontemporer maupun klasik koleksi Andrea Hirata, dan barang-barang vintage lainnya. Untuk masuk ke museum ini, Anda tidak perlu membayar tiket. Tetapi Anda harus membeli buku karya Andrea Hirata seharga Rp 50.000. Museum ini buka setiap hari dari pukul 09.30 hingga 17.00.

Baca Juga : Taman Safari Prigen – Wisata Paling Wajib Dikunjungi Bagi Keluarga Yang Ingin Berliburan

Berbagai Aktivitas di Pulau Belitung

Pulau Belitung adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Pulau ini menawarkan berbagai aktivitas yang seru dan menarik. Baik yang berhubungan dengan alam, budaya, sejarah, maupun literasi. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pulau Belitung:

  • Island hopping, yaitu mengunjungi pulau-pulau dan pantai yang ada di sekitar Pulau Belitung dengan menggunakan perahu. Anda bisa menikmati keindahan alam, snorkeling, diving, berfoto, atau bersantai di pulau-pulau. Seperti Pulau Lengkuas, Pulau Batu Berlayar, Pulau Pasir, Pulau Burung, dan lainnya.
  • Berkunjung ke Museum Kata Andrea Hirata. Yaitu museum yang di dirikan oleh penulis novel Laskar Pelangi. Yang menceritakan kehidupan anak-anak di sebuah sekolah miskin di Belitung. Di museum ini, Anda bisa melihat berbagai koleksi buku, foto, dan memorabilia yang berkaitan dengan novel dan film Laskar Pelangi.
  • Mendaki Batu Baginda. Yaitu sebuah formasi batu granit yang menjulang tinggi dan menjadi tempat favorit para pendaki dan fotografer. Dari atas batu ini, Anda bisa menikmati pemandangan hutan dan perkebunan yang indah.
  • Berwisata kuliner khas Belitung. Yaitu mencicipi berbagai makanan dan minuman yang khas dari Pulau Belitung. Seperti mie Belitung, gangan ikan, otak-otak, keripik pisang, kopi manggar, dan lainnya.
  • Menyaksikan sunset di Pantai Tanjung Pendam. Yaitu pantai yang terletak di kota Tanjung Pandan dan menjadi tempat yang cocok untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang romantis.

Akses Menuju Pulau Belitung

Bagi anda yang ingin berkunjung ketempat ini. Maka ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menuju Pulau Belitung. Berikut di bawah ini. Kami akan memberitahukannya kepada anda:

  • Melalui jalur udara, Anda bisa naik pesawat dari kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Medan, Batam, Denpasar, dan Palembang, menuju Bandara H.A.S. Hanandjoeddin di Tanjung Pandan, Pulau Belitung. Waktu penerbangan bervariasi tergantung dari kota asal Anda, tetapi rata-rata sekitar 1 jam.
  • Melalui jalur darat/laut. Anda bisa naik bus atau mobil pribadi ke Palembang. Kemudian menyeberang ke Pulau Bangka dengan kapal ferry atau jet foil dari Pelabuhan Boom Baru. Waktu penyeberangan sekitar 3 jam. Dari Pulau Bangka, Anda bisa menyeberang lagi ke Pulau Belitung dengan pesawat kecil dari Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang. Waktu penyeberangan sekitar 30 menit dengan pesawat atau 4-5 jam dengan kapal.

Berbagai Acara Tahunan di Pulau Belitung

Ada beberapa festival atau acara tahunan yang di selenggarakan di Pulau Belitung. Untuk menarik wisatawan dan melestarikan budaya lokal. Berikut adalah beberapa contoh festival atau acara tahunan di Pulau Belitung:

  • Pesona Belitung Beach Festival, festival yang menampilkan berbagai atraksi budaya, seni, kuliner, dan olahraga di kawasan Pantai Tanjung Pendam. Festival ini biasanya di selenggarakan pada bulan Juni.
  • Festival Cap Go Meh. Festival yang merayakan hari ke-15 dan terakhir dari perayaan Tahun Baru Imlek. Festival ini menampilkan parade budaya, barongsai, berebut lawang, dan berbagai hiburan lainnya. Festival ini biasanya di selenggarakan pada bulan Februari.
  • Maras Taun, tradisi yang memperingati agenda satu tahunan pesta rakyat, yaitu merayakan masa panen raya. Tradisi ini menampilkan berbagai ritual adat, tarian, musik, dan permainan rakyat. Tradisi ini biasanya di selenggarakan pada bulan Agustus.
  • Bangka Belitung Culture Wave, acara yang mempromosikan berbagai kesenian daerah.  Seperti beripat beregong, tarian suku Sawang, lesong panjang, dan lainnya. Acara ini biasanya di selenggarakan pada bulan April.

Klik link ini abkhaziya.net jika kalian ingin mendapatkan informasi wisata lainya.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *