Wisata Pulau Maratua, Serpihan Surga di Indonesia

Pulau Maratua adalah salah satu tempat wisata unggulan di Kalimantan Timur. Terletak di tengah Samudera Indonesia, pulau ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan kegiatan yang mengasyikkan.

Wisata-Pulau-Maratua,-Serpihan-Surga-di-Indonesia

Pulau Maratua terletak di selatan Pulau Berau, Kalimantan Timur. Keindahan pantainya, terumbu karang yang menakjubkan, dan keanekaragaman hayati bawah lautnya menjadikannya destinasi wisata yang menarik untuk para pecinta alam dan penyelam.

Harga tiket

Untuk Harga tiket masuk Maratua Island hanya sekitar Rp50.000 saja. Jika anda akan melakukan aktivitas diving, maka anda tak perlu bawa dari rumah, karena disini menyediakan persewaan.

Rute Lokasi & Alamat

Anda bisa memilih melalui jalur udara ataupun laut, melalui kota-kota di sekitaran Kabupaten Berau. Seperti misalnya di Balikpapan yang menyediakan penerbangan langsung ke Maratua Island menggunakan pesawat.

Bisa juga apabila anda memulainya dari Kota Tarakan, baik menggunakan jalur laut maupun udara. Misal jalur udara yang anda pilih, cobalah untuk naik pesawat tujuan Bandara Tanjung Redeb di Kabupaten Berau.

Selanjutnya, anda harus menyewa speed boat menuju letak persis Pulau Maratua, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 3 jam. Apabila anda dari Tarakan menggunakan transportasi udara juga sudah tersedia, dengan durasi 30 menit penerebangan menuju Maratua Island.

Fasilitas

Menjadi salah satu spot terbaik untuk Diving di Indonesia, membuat wisata Pulau Maratua seakan tak pernah sepi dari pengunjung. Dukungan sarana prasarana yang memadai turut menjadi daya tarik tersendiri bagi para divers.

Berikut ini fasilitas Maratua Island yang bisa anda temui :

  • Tempat parkir/penitipan kendaraan
  • Jasa pemandu wisata
  • Toilet umum
  • Kamar mandi
  • Fasilitas air bersih
  • Persewaan alat diving
  • Persewaan kendaraan
  • Penjaja aneka souvenir
  • Penginapan
  • Rumah makan
  • Warung
  • Spot diving melimpah

Nikmati berbagai keseruan yang ditawarkan oleh wisata Pulau Maratua untuk memberikan anda pengalaman liburan menyenangkan. Salah satunya dengan melakukan aktivitas menyelami lautan melalui diving.

Aktivitas Pulau Maratua

Menurut Travel’go beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan ketika anda belibur ke wisata satu ini. Berikut adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Pulau Maratua:

  • Mengunjungi Gua Halo Tabung: Gua ini dulunya lebih dikenal dengan nama Gua Haji Mangku. Spot ini semakin dikembangkan sebagai potensi wisata dengan dipermudahnya akses masuk serta diganti namanya. Gua Halo Tabung dapat diakses melalui jalan darat yang kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 2 menit melalui boardwalk. Selain itu, gua ini juga dapat diakses melalui perairan, namun hanya pada kondisi udara tertentu.
  • Berenang, Snorkeling, dan Menyelam: Pulau Maratua menawarkan keindahan bawah laut yang memukau. Wisatawan dapat berenang, snorkeling, atau menyelam untuk menikmati keindahan terumbu karang, berbagai spesies ikan, dan kehidupan laut lainnya.
  • Menjelajahi Pantai: Pulau Maratua memiliki pantai-pantai yang indah dengan pasir putih yang menawan. Wisatawan dapat menjelajahi pantai, bermain air di bibir pantai, berjemur, atau sekadar menikmati pemandangan laut yang menakjubkan.
  • Mengunjungi Pulau Kakaban: Pulau Kakaban berjarak sekitar 25 menit dari Pulau Maratua dan dapat dicapai dengan menggunakan speedboat. Pulau Kakaban terkenal dengan Danau Kakaban yang menjadi habitat ubur-ubur yang tidak berbau. Wisatawan dapat berenang atau snorkeling di danau ini dan menyaksikan keunikan ubur-ubur tersebut.
  • Menikmati Keindahan Alam: Pulau Maratua menawarkan pemandangan alam yang memukau, seperti hamparan pantai, air jernih, terumbu karang, dan kehidupan laut yang beragam. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam ini dengan berjalan-jalan di sekitar pulau, berfoto, atau sekadar bersantai menikmati suasana pulau yang eksotis.

Aktivitas-aktivitas di atas hanya beberapa contoh dari banyak hal yang dapat dilakukan di Pulau Maratua. Pulau ini menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

Baca Juga: Wisata Universal Studios Singapore, Sentosa Island, Singapura 

Keindahan Bawah Laut Pulau Maratua

Aktivitas-Pulau-Maratua

Pulau Maratua memiliki keindahan bawah laut yang memukau. Terumbu karang yang indah, berbagai spesies ikan, dan kehidupan laut lainnya dapat dinikmati oleh para pengunjung. Pulau Maratua juga terkenal dengan Danau Kakaban yang menjadi habitat ubur-ubur yang tidak berbau. Wisatawan dapat berenang atau snorkeling di danau ini dan menyaksikan keunikan ubur-ubur tersebut.

Selain itu, pulau ini juga menawarkan pantai-pantai eksotis dengan pasir putih yang menawan. Wisatawan dapat menjelajahi pantai, bermain air di bibir pantai, berjemur, atau sekadar menikmati pemandangan laut yang menakjubkan.

Keindahan bawah laut Pulau Maratua telah menjadi daya tarik utama bagi penyelaman dari berbagai belahan dunia. Wisata Indonesia ini menawarkan pemandangan bawah laut yang memesona dan memanjakan mata.

Pulau Maratua juga memiliki gua-gua yang menarik untuk dieksplorasi, seperti Gua Halo Tabung. Gua ini dapat diakses melalui jalan darat atau perairan, tergantung pada kondisi udara.

Dengan keindahan alam bawah lautnya yang memukau, Pulau Maratua merupakan destinasi wisata yang sangat cocok bagi pecinta alam dan penyelaman. Pulau ini menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Akomodasi di Pulau Maratua

Akomodasi-di-Pulau-Maratua

Pulau Maratua menawarkan beberapa pilihan akomodasi yang dapat dipilih oleh para pengunjung. Beberapa di antaranya adalah:

  • Pratasaba Resort Maratua: Resort ini terletak di tepi pantai dan menawarkan akomodasi dengan restoran terapung. Pengunjung dapat menikmati pemandangan laut yang menakjubkan dari resort ini .
  • Borneo Cottage Maratua: Akomodasi ini terletak di lokasi strategis di Pulau Maratua. Borneo Cottage Maratua menyediakan fasilitas yang nyaman dan resepsionis yang siap melayani 24 jam.
  • Maratua Paradise Resort: Merupakan akomodasi mewah yang terletak di Pulau Maratua. Resort ini menawarkan fasilitas dan pelayanan yang lengkap, serta pemandangan yang indah.

Selain itu, terdapat juga opsi penginapan lain seperti homestay dan villa yang dapat disewa di Pulau Maratua. Airbnb juga menyediakan beberapa pilihan akomodasi unik di pulau ini

Tips & Saran Perjalanan ke Pulau Maratua

Berikut adalah beberapa tips dan saran untuk perjalanan ke Pulau Maratua:

  • Pilihlah akomodasi yang sesuai: Ada beberapa pilihan akomodasi di Pulau Maratua, seperti resort, cottage, homestay, dan villa. Pastikan untuk memilih akomodasi yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Periksa ulasan dan fasilitas yang disediakan sebelum membuat reservasi.
  • Periksa jadwal transportasi: Pastikan untuk memeriksa jadwal transportasi laut atau udara yang tersedia untuk menuju Pulau Maratua. Jika Anda memilih jalur laut, periksa jadwal kapal penyeberangan dan lakukan reservasi sebelumnya. Jika Anda memilih jalur udara, periksa jadwal penerbangan dan pastikan untuk tiba di bandara dengan waktu yang cukup.
  • Siapkan perlengkapan snorkeling: Pulau Maratua terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Jika Anda berencana untuk snorkeling, pastikan untuk membawa perlengkapan snorkeling Anda sendiri. Jika Anda tidak memiliki perlengkapan sendiri, Anda dapat menyewanya di tempat penyewaan di Pulau Maratua.
  • Perhatikan cuaca: Sebelum melakukan perjalanan ke Pulau Maratua, periksa kondisi cuaca terkini. Cuaca buruk dapat mempengaruhi transportasi laut atau aktivitas di bawah air. Pastikan untuk memilih waktu yang tepat untuk perjalanan Anda.
  • Jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan: Pulau Maratua adalah destinasi wisata alam yang indah. Penting untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan selama perjalanan Anda. Buang sampah pada tempatnya dan hindari merusak terumbu karang atau kehidupan laut lainnya.
  • Jelajahi pulau-pulau sekitar: Selain Pulau Maratua, terdapat juga pulau-pulau lain di sekitarnya, seperti Pulau Kakaban dan Pulau Sangalaki. Manfaatkan kesempatan untuk menjelajahi pulau-pulau ini dan menikmati keindahan alam yang ditawarkannya

Pulau Maratua adalah permata tersembunyi di Indonesia, menawarkan pengalaman seperti surga bagi pengunjung. Dengan pantainya yang menakjubkan, biota laut yang beragam, dan pemandangan bawah laut yang menawan, tempat ini wajib dikunjungi bagi para pecinta alam dan pencari petualangan. Upaya pengembangan dan promosi pariwisata di Maratua terus dilakukan agar pengunjung dapat menikmati keindahan pulau dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan alamnya abkhaziya.net.

Similar Posts

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *