Danau Plitvice – Salah Satu Danau Tercantik Di Dunia Bagaikan Serpihan Surga

Danau Plitvice merupakan sebuah danau warisan dunia yang berada di Kroasia, yang dimana sampai saat imi menjadi daya tarik para wisatawan. Tempat ini terbentuk dari 20 danau kecil yang saling berhubungan dengan air terjun dan kaskade yang indah.

Danau-Plitvice-Salah-Satu-Danau-Tercantik-Di-Dunia-Bagaikan-Serpihan-Surga

Danau Plitvice adalah bagian dari Taman Nasional Plitvice, yang merupakan taman nasional tertua dan terbesar di Kroasia. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 300 km persegi dan terletak di antara pegunungan Mala Kapela dan Dinaric Alps. Taman nasional ini memiliki berbagai jalur dan jembatan kayu yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan danau dan air terjun dari berbagai sudut.

Berbagai Tempat Menarik di Danau Plitvice

Danau Plitvice adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Kroasia, karena menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan suasana yang tenang. Tempat ini juga menjadi saksi sejarah, karena pernah menjadi lokasi pertempuran antara pasukan Kroasia dan Yugoslavia pada tahun 1991. Danau ini telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1979, karna ditempat ini memiliki berbagai tempat menarik yang memikat hati para pengunjung. Berikut dibawah ini kami akan memberitahukan kepada anda berbagai tempat menarik di Danau Plitvice :

Berbagai Tempat Menarik di Danau Plitvice

1. Veliki Slap

Air terjun ini terbentuk dari potok Plitvice, yang mengalir dari pegunungan di sebelah barat danau. Tempat ini terletak di ujung selatan danau bawah, dan merupakan salah satu pemandangan paling spektakuler di taman nasional. Air terjun ini juga menjadi sumber air bagi sungai Korana, yang mengalir ke arah selatan.

Veliki Slap adalah salah satu tempat menarik yang dapat Anda kunjungi di Danau Plitvice. Anda dapat melihat air terjun ini dari jembatan kayu yang melintasi sungai Korana, atau dari jalan setapak yang mengelilingi tebing. Anda juga dapat menikmati keindahan alam dan keanekaragaman hayati yang ada di sekitar air terjun, seperti hutan, bunga, burung, dan lain-lain.

2. Sastavci

Tempat ini merupakan air terjun yang terbentuk dari pertemuan antara air terjun dari danau atas dan air terjun dari danau bawah di Danau Plitvice. Air terjun ini terletak di dekat Veliki Slap, dan memiliki ketinggian sekitar 25 meter.

3. Jezero Kozjak

Tempat ini merupakan danau terbesar dan terdalam di Danau Plitvice, dengan luas sekitar 82 hektar dan kedalaman sekitar 47 meter. Danau ini terletak di antara danau atas dan bawah, dan memiliki warna biru kehijauan yang menawan. Danau ini terbentuk dari potapanjem slapišta dan spajanjem dva jezera Travel’go. Di tengah danau, ada sebuah pulau kecil bernama Stefanijin otok.

Danau Kozjak adalah salah satu tempat menarik yang dapat Anda kunjungi di Danau Plitvice. Anda dapat menyeberangi danau ini dengan menggunakan perahu listrik yang disediakan oleh pengelola taman nasional, atau dengan berjalan kaki di sepanjang tepi danau.

Baca Juga : Universal Studios Singapore, Sentosa Island, Singapura

4. Baraceve Spilje

Tempat ini merupakan gua-gua kapur yang terletak di sebelah timur taman nasional Danau Plitvice, sekitar 6 km dari pintu masuk utama. Gua-gua ini memiliki panjang sekitar 500 meter, dan dihiasi oleh stalaktit, stalagmit, dan formasi batu lainnya. Gua-gua ini juga memiliki nilai sejarah, arkeologi, dan paleontologi, karena di dalamnya ditemukan fosil-fosil binatang prasejarah, alat-alat batu, dan keramik.

Anda dapat menjelajahi gua-gua ini dengan mengikuti tur yang dipandu oleh pemandu berpengalaman, yang akan menjelaskan sejarah dan geologi gua-gua ini. Tur ini berlangsung sekitar 60 menit, dan membutuhkan pendaftaran terlebih dahulu.

5. Etnografski Muzej

Tempat ini merupakan museum yang terletak di sebelah barat taman nasional, di desa Rastoke. Museum ini menampilkan berbagai benda-benda yang berkaitan dengan kehidupan dan budaya masyarakat lokal, seperti alat-alat pertanian, kerajinan tangan, pakaian tradisional, dan lain-lain. Museum ini adalah salah satu tempat menarik yang dapat Anda kunjungi di Danau Plitvice, karena menawarkan kesempatan untuk belajar tentang sejarah dan warisan budaya daerah ini.

Berbagai Aktivitas di Danau Plitvice

Berbagai Aktivitas di Danau Plitvice

Danau Plitvice ini dikelilingi oleh hutan tua yang menjadi habitat bagi berbagai flora dan fauna. Danau ini memiliki warna yang berbeda-beda, mulai dari biru, hijau, hingga abu-abu, tergantung pada musim, cuaca, dan mineral yang terkandung di dalamnya. Ditempat ini anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti:

  • Berjalan kaki: Anda dapat berjalan kaki di sepanjang jembatan kayu dan jalan setapak yang menghubungkan berbagai danau dan air terjun di taman nasional. Anda dapat menikmati pemandangan yang indah dan udara yang segar, serta melihat berbagai flora dan fauna yang ada di hutan.
  • Naik perahu: Anda dapat naik perahu listrik yang disediakan oleh pengelola taman nasional untuk menyeberangi Danau Kozjak, yang merupakan danau terbesar dan terdalam di Danau Plitvice. Anda dapat melihat warna air yang berubah-ubah, dari biru, hijau, hingga abu-abu, tergantung pada musim, cuaca, dan mineral yang terkandung di dalamnya.
  • Berkuda: Anda dapat berkuda di sekitar taman nasional, dan merasakan sensasi berbeda dari berjalan kaki. Anda dapat menyewa kuda dari pusat berkuda yang ada di dekat pintu masuk utama, dan mengikuti panduan yang akan membawa Anda ke berbagai tempat menarik di taman nasional.
  • Bersepeda: Anda dapat bersepeda di sekitar taman nasional, dan menjelajahi berbagai sudut yang tidak dapat Anda capai dengan berjalan kaki atau naik perahu. Anda dapat menyewa sepeda dari pusat bersepeda yang ada di dekat pintu masuk utama, dan mengikuti peta yang akan menunjukkan Anda jalur yang aman dan menarik untuk bersepeda.
  • Berkemah: Anda dapat berkemah di taman nasional, dan merasakan pengalaman yang lebih dekat dengan alam. Anda dapat menyewa tenda atau membawa tenda sendiri, dan memilih tempat yang Anda sukai untuk berkemah. Anda dapat menikmati suasana malam yang tenang dan romantis, serta melihat bintang-bintang yang bersinar di langit. Anda juga dapat membuat api unggun dan memanggang makanan di atasnya.

Akses Menuju Danau Plitvice

Ada beberapa cara untuk menuju Danau Plitvice, tergantung dari lokasi dan alat transportasi yang Anda gunakan. Berikut adalah beberapa pilihan yang dapat Anda pertimbangkan:

Menggunakan Mobil

Jika Anda memiliki atau menyewa mobil, Anda dapat mengemudi menuju Danau Plitvice dengan mudah dan nyaman. Anda dapat menggunakan sistem navigasi atau peta online untuk menentukan rute terbaik. Jarak dan waktu tempuh menuju Danau Plitvice bervariasi, tergantung pada lokasi asal Anda. Misalnya, dari Zagreb, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 menit untuk mencapai Danau Plitvice, dengan jarak sekitar 135 km. Dari Split, Anda membutuhkan waktu sekitar 3 jam, dengan jarak sekitar 260 km. Anda dapat memarkir mobil Anda di salah satu dari dua pintu masuk taman nasional, dengan biaya sekitar 7 kuna per jam.

Menggunakan Bus

Jika Anda tidak memiliki atau menyewa mobil, Anda dapat menggunakan bus umum untuk menuju Danau Plitvice. Ada banyak bus yang beroperasi dari berbagai kota di Kroasia, seperti Zagreb, Zadar, Split, Dubrovnik, dan lain-lain.

Harga tiket bus bervariasi, tergantung pada jarak dan operator bus. Misalnya, dari Zagreb, Anda dapat membeli tiket bus sekitar 90 kuna, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 30 menit. Dari Split, Anda dapat membeli tiket bus sekitar 150 kuna, dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Anda dapat turun di salah satu dari dua pintu masuk taman nasional, atau di stasiun bus di dekatnya.

Menggunakan Kereta

Jika Anda ingin menggunakan kereta api untuk menuju Danau Plitvice. Anda harus tahu bahwa tidak ada stasiun kereta api yang langsung menuju taman nasional. Anda harus turun di stasiun kereta api terdekat. Yaitu Josipdol atau Plaski, dan kemudian menggunakan taksi atau bus lokal untuk menuju Danau Plitvice. Stasiun kereta api Josipdol berjarak sekitar 30 km dari pintu masuk 2 taman nasional. Ssedangkan stasiun kereta api Plaski berjarak sekitar 40 km dari pintu masuk 1 taman nasional.

Anda dapat membeli tiket kereta api secara online atau di stasiun kereta api. Harga tiket kereta api bervariasi, tergantung pada jarak dan kelas kereta api. Misalnya, dari Zagreb, Anda dapat membeli tiket kereta api sekitar 100 kuna, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Dari Split, Anda dapat membeli tiket kereta api sekitar 200 kuna, dengan waktu tempuh sekitar 6 jam.

Menggunakan Jasa Tur

Jika Anda ingin lebih mudah dan nyaman untuk menuju Danau Plitvice, Anda dapat menggunakan jasa tur yang disediakan oleh berbagai penyedia layanan wisata. Anda dapat memilih tur yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda, baik tur sehari penuh, tur setengah hari, atau tur beberapa hari.

Anda dapat membeli tiket tur secara online atau di kantor layanan wisata. Harga tiket tur bervariasi, tergantung pada durasi, fasilitas, dan tujuan tur. Misalnya, dari Zagreb, Anda dapat membeli tiket tur sekitar 600 kuna, dengan durasi sekitar 10 jam. Dari Split, Anda dapat membeli tiket tur sekitar 800 kuna, dengan durasi sekitar 12 jam. Tur biasanya sudah termasuk transportasi, tiket masuk taman nasional, pemandu, dan makan siang abkhaziya.net.

Similar Posts

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *