Pamukkale – Destinasi Wisata Alam Paling Indah Di Turki

Pamukkale merupakan wisata alam yang sangat menakjubkan dan berada di Provinsi Denizli, Barat Daya Turki. Tampilannya sangat unik seperti istana sehingga menjadikan wisata Travel’Go ini sering kali muncul pada kartu pos Turki. Pamukkale dalam bahasa Turki memiliki arti yaitu kastil kapas. Di mana, bentang alam ini juga di deklarasikan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO di tahun 1988.

Pamukkale-Destinasi-Wisata-Alam-Paling-Indah-Di-Turki

Selain itu, Pamukkale adalah kolam kalsium putih yang menempel pada sisi punggung bukit dan berbentuk cekungan dengan isi air hangat. Kolam alami ini terbentuk ketika mata air yang memiliki kandungan kalsium bikarbonat berkadar tinggi mengalir pada tepi tebing. Aliran ini lalu mendingin dan mengeras sampai menghasilkan endapan kalsium. Inilah yang pada akhirnya membuat wisata ini terbentuk layaknya kolam yang berada di punggung bukit serta membuat wisatawan bisa merasakan air hangat.

Mata Air Yang Kaya Mineral

Pada Pamukkale ada 17 mata air panas alami yang memiliki beragam suhu, mulai dari 35 sampai dengan 100° Celcius. Kolam air yang hangat ini telah menjadi daya tarik dari wisata terkenal selama bertahun-tahun. Masyarakat yang ada di sekitarnya percaya bahwa kandungan mineral yang terdapat pada mata air dapat mengobati sejumlah penyakit. Kepercayaan ini sudah ada sejak zaman Yunani dan juga Romawi kuno.

Baca Juga : Taman Emirgan – Wisata Dengan Koleksi Bunga Tulip Yang Indah

Mineral dari mata air panas Pamukkale juga sangat baik untuk kesehatan mata dan kulit. Serta di percaya bisa membantu untuk penyembuhan tekanan darah tinggi. Manfaat lain yaitu bisa mencegah dan membantu dalam mengatasi stroke, batu ginjal, sirkulasi darah, kelelahan fisik, pencernaan serta penyakit kronis lainnya.

Penginapan Tidak Banyak Di Pamukkale

Pamukkale-Wisata-Alam-Paling-Indah-Di-Turki

Keunikan yang di suguhkan oleh Pamukkale menjadikannya sebagai salah satu wisata terfavorit di Provinsi Denizli. Pembangunan hotel-hotel yang ada di sekitaran Pamukkale di mulai pada tahun 1970-an dengan tujuan agar dapat menampung wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Tetapi sayangnya, pembangunan hotel ini memberikan dampak yang buruk terhadap kolam kalsium Pamukkale. Sampai pada tahun 1990-an ada banyak hotel di tutup serta di runtuhkan sebagai salah satu cara utnuk menjaga situs alam ini.

Semenjak saat itu, pengunjung hanya bisa lewat jalur utama pada sekitar tempat wisata. Pembatasan kunjungan serta aktivitas di dekat tempat wisata juga di lakukan beberapa waktu. Hal itu untuk mengembalikan kondisi kolam kalsium tersebut. Upaya itu berhasil dan mengembalikan kondisi kolam kalsium serta meningkatkan pasokan air hangat pada beberapa endapan. Kini wisatawan wajib untuk melepas alas kaki jika mereka ingin berdiri di atas endapan kalsium.

Pamukkale bisa menjadi salah satu tujuan wajib wisata jika anda ingin mengunjungi Turki. Keunikan serta keindahan yang di tawarkan oleh Pamukkale bisa menambahkan pengalaman wisatawan ketika mengunjungi Turki abkhaziya.net.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *