Danakil Depression Wisata Populer Yang Paling Menantang dan Menakjubkan

Danakil Depression Wisata Populer adalah salah satu tempat wisata di Ethiopia yang paling menantang dan menakjubkan.

Danakil Depression Wisata Populer Yang Paling Menantang dan Menakjubkan

Tempat ini disebut-sebut sebagai salah satu tempat paling asing di bumi sebuah “pintu gerbang menuju neraka” dan, menurut penjelajah Inggris Wilfred Thesiger, benar-benar merupakan “tanah kematian”.

Tempat ini adalah salah satu titik terendah di bumi, mencapai 116 meter di bawah permukaan laut. Ini juga adalah salah satu tempat terpanas di bumi, dengan suhu rata-rata mencapai 41 derajat Celsius. Tempat ini juga adalah salah satu tempat paling aktif secara tektonik di bumi, dengan lebih dari 30 gunung berapi, termasuk Erta Ale yang sangat aktif Travel’go.

Jika Anda ingin mengunjungi Danakil Depression, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik. Anda harus memiliki fisik dan mental yang kuat, serta perlengkapan yang memadai. Anda juga harus bergabung dengan tur yang diselenggarakan oleh operator lokal yang berpengalaman dan profesional. Tur ini biasanya berlangsung selama 3-4 hari.

Spot Terbaik di Danakil Depression

Selama tur, Anda akan melihat pemandangan yang luar biasa dan unik, tempat yang dikenal sebagai salah satu tempat terpanas, terendah, dan paling aktif secara tektonik di bumi. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan saat berkunjung ke Danakil Depression, seperti:

  • Dallol, sebuah kawasan hidrotermal yang penuh dengan kolam-kolam berwarna-warni, geyser belerang, dan formasi kristal garam. Tempat ini adalah salah satu tempat paling berwarna di bumi, dan juga salah satu tempat paling asam di bumi.
  • Danau Asale, sebuah danau garam yang merupakan sumber utama garam di Ethiopia. Di sini, Anda bisa melihat proses penambangan garam tradisional yang dilakukan oleh suku Afar, yang menggunakan unta untuk mengangkut garam ke pasar-pasar di pedalaman.
  • Erta Ale, sebuah gunung berapi yang memiliki danau lava yang terus-menerus menggelegak di dalam kaldernya. Tempat ini adalah salah satu dari enam gunung berapi di dunia yang memiliki danau lava permanen, dan juga salah satu yang paling mudah diakses. Anda bisa mendaki ke puncak gunung berapi dan melihat danau lava dari dekat, terutama di malam hari.

Tips Berwisata ke Danakil Depression

Berwisata ke Danakil Depression, Ethiopia, adalah pengalaman yang luar biasa, tetapi juga membutuhkan persiapan yang matang. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum berangkat:

Pilih waktu yang tepat

Waktu terbaik untuk mengunjungi Danakil Depression Wisata Populer adalah antara bulan Oktober hingga Februari, ketika suhu tidak terlalu panas dan hujan tidak terlalu sering. Hindari bulan Maret hingga Juni, ketika suhu bisa mencapai 50 derajat Celsius dan hujan bisa menyebabkan banjir.

Ikuti tur yang berkualitas

Mengunjungi Danakil Depression Wisata Populer hanya bisa dilakukan dengan bergabung dengan tur yang diselenggarakan oleh operator lokal yang berpengalaman dan profesional. Tur ini biasanya berlangsung selama 3-4 hari, dengan biaya sekitar $500-$700 atau setara 8 juta hingga 10 juta per orang. Anda harus memilih tur yang memiliki fasilitas yang memadai, seperti kendaraan 4WD, tenda, makanan, air, dan perlengkapan medis. Anda juga harus memastikan bahwa tur Anda memiliki izin resmi dari pemerintah dan didampingi oleh pemandu, sopir, dan pengawal bersenjata.

Siapkan fisik dan mental Anda

Danakil Depression Wisata Populer adalah tantangan yang berat, baik secara fisik maupun mental. Anda harus siap menghadapi kondisi yang ekstrem, seperti panas, debu, asap, bau, dan kebisingan. Kalian semua juga harus siap mendaki gunung berapi, berjalan di atas lava, dan tidur di luar ruangan. Anda harus memiliki stamina yang baik, tidak mudah mabuk, dan tidak memiliki masalah kesehatan serius.

Bawa perlengkapan yang sesuai

Anda harus membawa pakaian dan perlengkapan yang sesuai dengan cuaca dan aktivitas yang akan Anda lakukan di Danakil Depression. Beberapa barang yang harus Anda bawa adalah:

Pakaian yang nyaman, longgar, dan menyerap keringat, seperti kaos, celana pendek, dan kaus kaki. Hindari pakaian yang ketat, berwarna gelap, atau berbahan sintetis.

  • Jaket, sweater, atau selimut untuk menghangatkan tubuh di malam hari, ketika suhu bisa turun hingga 10 derajat Celsius.
  • Sepatu yang nyaman, kuat, dan tahan panas, seperti sepatu hiking, sepatu bot, atau sepatu karet. Hindari sepatu yang terbuka, tipis, atau berbahan kanvas.
  • Topi, kacamata hitam, dan tabir surya untuk melindungi mata dan kulit dari sinar matahari yang terik.
  • Masker, syal, atau sapu tangan untuk menutup hidung dan mulut dari debu, asap, dan bau yang menyengat.
  • Senter, korek api, atau korek gas untuk menerangi jalan dan menyalakan api di malam hari.
  • Botol air, camilan, dan obat-obatan pribadi untuk menjaga hidrasi, energi, dan kesehatan tubuh, kamera, baterai cadangan, dan kartu memori untuk mengabadikan momen-momen indah yang Anda alami.

Cara Untuk Bisa Menuju Danakil Depression

Anda tidak bisa mengunjungi Danakil Depression secara mandiri, karena tempat ini sangat berbahaya dan membutuhkan izin resmi dari pemerintah dan pengawalan bersenjata.

Tur ke Danakil Depression biasanya berangkat dari kota Mekele, ibu kota wilayah Tigray di Ethiopia. Untuk mencapai Mekele, Anda bisa naik pesawat dari Addis Ababa, ibu kota Ethiopia, atau naik bus dari kota-kota lain di Ethiopia. Namun, karena adanya krisis Tigray yang sedang berlangsung, semua tur ke Danakil Depression saat ini berangkat dari kota Semera, ibu kota wilayah Afar di Ethiopia. Untuk mencapai Semera, Anda bisa naik pesawat dari Addis Ababa, atau naik bus dari kota-kota lain di Ethiopia.

Selama tur, Anda akan menggunakan kendaraan 4WD untuk menempuh jarak yang cukup jauh dan melewati medan yang sulit. Anda juga harus mendaki gunung berapi Erta Ale, yang membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam. Harus siap menghadapi kondisi yang ekstrem, seperti panas, debu, asap, bau, dan kebisingan. Anda juga harus siap tidur di luar ruangan, di tenda, atau di atas lava.

Baca Juga : Gunung Panderman Destinasi Wisata Favorit Di Jawa Timur

Keindahan Danakil Depression

Danakil Depression adalah salah satu tempat paling menakjubkan di Bumi. Ini adalah depresi vulkanik di Ethiopia yang terletak di bawah permukaan laut. Danakil Depression memiliki pemandangan yang beragam, termasuk gurun garam, gunung berapi aktif, dan geyser. Salah satu pemandangan Danakil Depression yang paling terkenal adalah Danakil Salt Pans. Danakil Salt Pans adalah dataran garam yang luas yang membentang lebih dari 100 kilometer persegi. Salt Pans adalah tempat yang populer untuk mendaki, berkemah, dan bersepeda gunung.

Danakil Depression juga merupakan rumah bagi beberapa gunung berapi aktif. Gunung berapi yang paling terkenal di Danakil Depression adalah Erta Ale. Erta Ale adalah gunung berapi basal yang aktif terus menerus. Ini adalah satu-satunya gunung berapi di dunia yang memiliki danau lava yang terus menerus. Geyser juga ditemukan di Danakil Depression. Geyser yang paling terkenal di Danakil Depression adalah Dallol. Dallol adalah area yang luas di Danakil Depression yang didominasi oleh geyser, lumpur mendidih, dan kolam air panas abkhaziya.net.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *