Wisata Alam Waykambas Keindahan Fauna Gajah Menakjubkan

Wisata Alam Waykambas merupakan wisata alam terpopuler yangakan menyuguhkan kalian dengan pemadangan alam yang bagus dan kumpulan hewan gajah dan badak yang berukuran besar.

Wisata-Alam-Waykambas-Keindahan-Fauna-Gajah-Menakjubkan

Di tempat wisata yang stau ini kalian bisa bermain dan juga menunggangi gajah, bahkan kalian bisa merasakan berkeliling bersama gajah dan mandi bersama nya di aliran sungai. Untuk ke amanan nya sendiri kalian tidak perlu khawatir karena di tempat yang satu ini, kalian akan di temani oleh seorang yang sudah ahli dalam gajah.

Mengenal Wisata Alam Waykambas

Wisata alam Way Kambas adalah salah satu destinasi travel go yang menarik di Provinsi Lampung. Di sini, Anda bisa melihat berbagai macam flora dan fauna yang khas dari Sumatra, seperti gajah, badak, harimau, dan berbagai jenis burung.

Anda juga bisa menikmati keindahan alam yang asri dan sejuk, serta belajar tentang konservasi dan pelestarian satwa liar. Berikut adalah beberapa informasi yang bisa membantu Anda mengenal lebih jauh tentang wisata alam Way Kambas:

Taman Nasional Tertua Di Indonesia

• Wisata alam WayKambas merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia. Taman nasional ini ditetapkan pada tahun 1989 dengan luas sekitar 1.300 kilometer persegi. Sebelumnya, kawasan ini sudah menjadi tempat penelitian alam sejak tahun 1936 oleh Residen Lampung bernama Mr. Rookmaker.

Pusat konservasi gajah di Indonesia

• Wisata alam WayKambas terkenal sebagai pusat konservasi gajah di Indonesia. Di sini, terdapat Pusat Latihan Gajah (PLG) yang kemudian berganti nama menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG). Di tempat ini, Anda bisa melihat atraksi gajah yang sudah terlatih, menunggang gajah keliling taman nasional, atau bahkan menginap di resort yang dikelola oleh gajah. PKG ini telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang disebar ke seluruh Indonesia.

Tempat pelestarian badak Sumatera

• Wisata alam WayKambas juga menjadi tempat pelestarian badak Sumatera, salah satu spesies badak yang paling terancam punah di dunia. Di sini, terdapat Suaka Rhino Sumatera (SRS) yang merupakan tempat perlindungan dan penangkaran badak Sumatera. Anda bisa mengunjungi SRS untuk melihat badak Sumatera dari dekat, atau bahkan menyaksikan kelahiran badak Sumatera yang jarang terjadi.

Memiliki berbagai jenis ekosistem

• Wisata alam Way Kambas memiliki berbagai jenis ekosistem, seperti hutan hujan tropis, hutan rawa, hutan pantai, dan padang rumput. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai macam flora dan fauna yang endemik dan langka, seperti harimau Sumatera, siamang, lutung, beruang madu, rusa, kancil, biawak, buaya, dan berbagai jenis burung, seperti rangkong, elang, merak, dan gelatik.

Kegiatan Di Tempat Wisata Waykambas

Kamu yang ingin berkunjung ke tempat travelgo yang satu ini, maka kamu bisa melakukan berbagai aktifitas. Sehingga kamu yang sedang berwisata kamu tidak akan merasakan jenuh dan kamu juga tidak akan merasakan bosan. Aktifitas yang bisa kalian lakukan di dalam wisata yang satu ini ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di wisata alam Way Kambas. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Berkemah

Anda bisa menginap di tenda yang disediakan oleh pengelola taman nasional, atau membawa tenda sendiri. Di sini Anda bisa menikmati suasana alam yang tenang dan sejuk, serta mendengar suara binatang malam. Kamu juga bisa membuat api unggun dan bercerita dengan teman-teman Anda.

Bersepeda

Anda bisa menyewa sepeda dari pengelola taman nasional, atau membawa sepeda sendiri. Atau anda bisa berkeliling taman nasional dengan sepeda, melihat pemandangan hutan, padang rumput, dan sungai. Kalian juga bisa berhenti di beberapa titik menarik, seperti pusat konservasi gajah, suaka rhino Sumatera, atau resort Way Kanan.

Berjalan kaki

Anda bisa berjalan kaki di sepanjang jalur yang sudah ditentukan oleh pengelola taman nasional, atau mengikuti pemandu yang berpengalaman. Bukan hanya itu saja, Anda bisa melihat berbagai macam flora dan fauna yang ada di taman nasional Indonesia, seperti gajah, badak, harimau, siamang, dan berbagai jenis burung. Anda juga bisa belajar tentang konservasi dan pelestarian satwa liar.

Berperahu

Anda bisa menyewa perahu dari pengelola taman nasional, atau membawa perahu sendiri. Anda bisa berperahu di sungai Way Kanan, yang merupakan habitat dari berbagai jenis ikan, reptil, dan burung. Kamu bisa menikmati pemandangan sungai yang indah, serta melihat binatang yang berada di tepi sungai, seperti buaya, biawak, dan beruang madu.

Memancing

Anda bisa memancing di sungai Way Kanan, atau di danau yang ada di taman nasional. Anda bisa menangkap berbagai jenis ikan yang ada di sana, seperti ikan gabus, ikan baung, ikan patin, atau ikan mas. Kamu juga bisa memasak ikan yang Anda tangkap, atau membawanya pulang.

Bersantai di pantai

Anda bisa bersantai di pantai yang ada di taman nasional, seperti pantai Labuhan Ratu, pantai Way Jambu, atau pantai Way Kambas. Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang eksotis, serta berenang, bermain pasir, atau berjemur. Dan kamu juga bisa melihat binatang yang hidup di pantai, seperti penyu, kepiting, atau burung camar.

Baca Juga : Cabo San Lucas Meksiko Destinasi Wisata Terlaris Di Dunia

Tips Berwisata Ke Waykambas

Berwisata ke Waykambas bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mengesankan. Di sini Anda bisa melihat berbagai macam satwa liar, terutama gajah, yang hidup di habitat alaminya. Anda juga bisa menikmati keindahan alam yang masih asri dan sejuk. Namun, sebelum Anda berangkat ke Waykambas, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan dan perhatikan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda:

• Tentukan waktu kunjungan Anda

Waykambas buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Anda bisa memilih waktu kunjungan sesuai dengan keinginan dan ketersediaan Anda. Namun, ada baiknya Anda menghindari musim hujan, karena jalanan bisa licin dan banjir. Selain itu, Anda juga bisa melihat lebih banyak aktivitas binatang di musim kemarau.

• Tentukan moda transportasi Anda

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum untuk menuju Waykambas. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengikuti jalur Bandar Lampung – Metro – Labuhan Maringgai – Way Jepara – Way Kambas, atau jalur Bakauheni – Lampung Timur – Way Kambas.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik bus DAMRI dari Bandar Lampung atau Bakauheni ke Lampung Timur, lalu naik ojek atau angkot ke Way Kambas. Perjalanan dari Bandar Lampung atau Bakauheni ke Way Kambas memakan waktu sekitar 2-3 jam.

• Tentukan tempat menginap Anda

Anda bisa memilih untuk menginap di dalam atau di luar Waykambas. Jika Anda ingin menginap di dalam Waykambas, Anda bisa memilih resort Way Kanan, yang merupakan penginapan yang nyaman dan eksotis di tengah hutan. Anda bisa menikmati pemandangan sungai Way Kanan, yang merupakan habitat dari berbagai jenis ikan, reptil, dan burung. Kamu juga bisa menginap di tenda yang disediakan oleh pengelola taman nasional, atau membawa tenda sendiri.

Anda bisa menikmati suasana alam yang tenang dan sejuk, serta mendengar suara binatang malam. Jika Anda ingin menginap di luar Way Kambas, Anda bisa memilih hotel atau penginapan yang ada di Lampung Timur, seperti di Labuhan Maringgai atau Way Jepara. Kalian bisa menikmati fasilitas yang lebih lengkap dan modern, serta lebih mudah mengakses transportasi umum.

• Tentukan aktivitas yang ingin Anda lakukan

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di Way Kambas, seperti berkemah, bersepeda, berjalan kaki, berperahu, memancing, atau bersantai di pantai. Namun, aktivitas yang paling populer dan menarik adalah melihat atraksi gajah di Pusat Konservasi Gajah (PKG). Di sini, Anda bisa melihat gajah yang sudah terlatih melakukan berbagai aksi, seperti bermain bola, bermain harmonika, atau menari.

Anda juga bisa menunggangi gajah keliling taman nasional, atau bahkan menginap di resort yang dikelola oleh gajah. Anda juga bisa mengunjungi Suaka Rhino Sumatera (SRS), yang merupakan tempat perlindungan dan penangkaran badak Sumatera. Kalian bisa melihat badak Sumatera dari dekat, atau bahkan menyaksikan kelahiran badak Sumatera yang jarang terjadi.

• Siapkan perlengkapan yang Anda butuhkan

Anda harus membawa perlengkapan yang sesuai dengan aktivitas yang Anda pilih. Beberapa perlengkapan yang umum dibutuhkan adalah pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca, sepatu yang kuat dan anti-slip, topi atau payung, kacamata hitam, sunblock, obat-obatan pribadi, kamera, power bank, dan uang tunai.

Jika Anda ingin berkemah, Anda juga harus membawa tenda, sleeping bag, matras, kompor, peralatan masak, makanan, dan air minum. Jika Anda ingin berperahu atau memancing, Anda juga harus membawa perahu, pancing, umpan, dan alat pelampung. Anda ingin bersantai di pantai, Anda juga harus membawa baju renang, handuk, dan perlengkapan mandi abkhaziya.net.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *