Lembah Jiuzhaigou – Fakta Menarik Yang Perlu Anda Ketahui

Lembah Jiuzhaigou merupakan lembah yang membentang dengan lebih dari 72.000 hektar (72.000.000.000 m²) pada sekitar Pegunungan Minshan, Cina. Letak lembah ini tepatnya berada di tepi Dataran Tinggi Qinghai-Tibet serta bagian utara Provinsi Sichuan.

Lembah-Jiuzhaigou-Beberapa-Fakta-Menarik-Yang-Perlu-Anda-Ketahui

Lembah Jiuzhaigou juga di kenal sebagai cagar alam yang mempunyai keindahan menakjubkan. Jika anda penasaran keindahan wisata ini, maka simak informasi yang sudah Travel’Go rangkum di bawah ini.

Asal Mula Lembah Jiuzhaigou

Wisata Bentang alam lembah Jiuzhaigou sendiri terdiri dari karst dataran tinggi yang mana terjadi karena asanya aktivitas hidrologi, tektonik serta glasial. Lembah ini berada di sabuk yang menyimpang yaitu antara lempeng Qinghai-Tibet dan lempeng Yangtze. Gempa bumi juga sangat bertanggung jawab untuk membentuk lanskap seperti negeri dongeng ini. Sama dengan namanya, lembah Jiuzhaigou berada di daerah Jiuzhaigou yang mana sebelumnya di kenal sebagai daerah Nanping. Daerah ini berada di Provinsi Sichuan yang mana dekat dengan perbatasan Gansu. Lokasi tersebut mempunyai zona penyangga dengan luas 231.661 sq. mi (600 sq. km).

Terdapat 3 Bagian Lembah

Lembah-Jiuzhaigou-Fakta-Menarik-Yang-Perlu-Anda-Ketahui

Daerah ini memiliki tiga lembah sehingga bentuknya cukup mirip dengan huruf Y. Bagian tersebut yaitu Lembah Rize, Zechawa, serta Shuzheng. Lembah Zechawa serta Rize mengalir dari selatan lalu bergabung di tengah, yang mana terdapat lembah Shuzheng. Lembah Zehawa ada di sisi tenggara Jiuzhaigou serta membentang sepanjang kurang lebih 59.055,11 kaki (18.000 m). Ketika melakukan perjalanan yang menuruni bukit, anda bisa menikmati danau yang berbentuk bulan sabit tertinggi serta terbesar di sana yaitu Long Lake.

Lembah Rize juga mempunyai panjang yaitu 59.055,11 kaki (18.000 m) dan menjadi cabang barat daya Jiuzhaigou. Orang pada umumnya akan mengunjungi tempat ini lebih dulu karena tempat ini mempunyai variasi tempat yang sangat mudah untuk di akses. Ketika menuruni bukit, para wisatawan akan menemukan sejumlah tempat bernilai pemandangan indah. Yang pertama yaitu teras batu kapur yang mana di lestarikan pada hutan kuno, lalu mereka dapat menyaksikan hutan purba, yang mencakup batu berbentuk bilah serta tebing pada sekitarnya, juga pegunungan dan lain sebagainya.

Lembah Shuzheng berlokasi di bagian utara Jiuzhaigou dan letaknya di persimpangan. Pemandangan yang sangat luar biasa dari tempat ini merupakan hal yang sangat pengunjung sukai. Mereka bisa menjelajahi Air Terjun Nuorilang pada persimpangan yang mana membentang dengan lebar mencapai 1.049,87 kaki (320 m) serta tinggi yaitu 98,42 kaki (30 m).

Baca Juga : Seongsan Ilchulbong – Bukit Dengan Pemandangan Alam Menakjubkan

UNESCO Tetapkan Sebagai Cagar Biosfer Dunia

Tempat itu juga di nyatakan sebagai Situs Warisan Dunia di tahun 1992. kemudian pada tahun 1997, wisata ini juga di nyatakan sebagai Cagar Biosfer Dunia. UNESCO sudah menorehkannya sebagai cagar untuk spesies tanaman serta hewan yang terancam punah, seperti halnya panda raksasa. Sehingga, tempat ini jadi museum alam yang dipakai untuk penelitian karst serta hidrologi.

Wisatawan yang ramai berkunjung ke tempat ini selama bertahun-tahun usai berkembang. Oleh karena itu sangat mempengaruhi tempat tersebut. Mengingat, keindahan alam pada tempat tersebut sangatlah terpengaruh. Sehingga, untuk menghindarinya maka UNESCO mendaftarkan situs ini menjadi Situs Warisan Dunia abkhaziya.net.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *