|

Hagia Sophia Tempat Berwisata Penuh Kejutan Dan Keindahan

Hagia Sophia adalah sebuah tempat yang menarik untuk dikunjungi jika Anda berada di Istanbul, Turki. Sophia adalah sebuah bangunan bersejarah yang memiliki arsitektur yang megah dan unik, serta menjadi saksi dari perubahan zaman dan agama di kota tersebut.

Hagia-Sophia-Tempat-Berwisata-Penuh-Kejutan-Dan-Keindahan

Hagia Sophia awalnya dibangun sebagai gereja Kristen Ortodoks pada abad ke-4 oleh Kaisar Bizantium, Constantius. Gereja ini mengalami beberapa kali perubahan dan pembangunan ulang karena kerusakan akibat konflik dan kebakaran.

Pada tahun 1453, ketika Konstantinopel (nama lama Istanbul) ditaklukan oleh Sultan Mehmed II dari Kesultanan Utsmaniyah, Hagia Sophia diubah menjadi masjid. Beberapa ornamen Kristen diganti atau ditutupi dengan ornamen Islam, seperti kaligrafi, mihrab, dan menara. Pada tahun 1935, setelah Turki menjadi republik sekuler di bawah pimpinan Mustafa Kemal Ataturk, Sophia diubah lagi menjadi museum. Museum ini menampilkan kekayaan sejarah dan seni dari dua peradaban dan agama yang berbeda, yaitu Bizantium dan Utsmaniyah, Kristen dan Islam.

Tips Berwisata Ke Hagia Sophia

Dalam sebuah perjalanan sebuah tips berkunjung terkadang di butuhkan dan di harus kan agar kalian bisa berwsiata dengan nyaman dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa tips berwisata ke Hagia Sophia.

Pilihlah waktu kunjungan yang tepat

Hagia Sophia adalah salah satu tempat wisata populer Istanbul, sehingga sering kali ramai dan penuh dengan pengunjung. Jika Anda ingin menghindari keramaian dan antrian panjang, sebaiknya Anda mengunjungi Sophia pada pagi atau sore hari, dan menghindari hari libur atau akhir pekan.

Belilah tiket masuk secara online

Untuk bisa masuk ke dalam Sophia, Anda harus membayar tiket masuk sebesar 25 Lira (sekitar Rp 50.000). Anda dapat membeli tiket masuk secara online melalui situs resmi Hagia Sophia atau melalui aplikasi lain yang menawarkan layanan ini. Dengan begitu, Anda dapat menghemat waktu dan menghindari antrian di loket tiket.

Ikutilah tur berpemandu

Hagia Sophia adalah sebuah bangunan bersejarah yang memiliki arsitektur yang megah dan unik, serta menjadi saksi dari perubahan zaman dan agama di kota tersebut. Untuk dapat mengapresiasi keindahan dan kekayaan sejarah Sophia, sebaiknya Anda ikut tur berpemandu yang disediakan oleh museum atau penyedia jasa lainnya. Anda dapat memilih tur berpemandu dalam bahasa yang Anda inginkan, dan mendapatkan penjelasan yang lengkap dan menarik tentang Sophia.

Perhatikan aturan dan etika

Hagia Sophia adalah sebuah tempat yang sakral dan berharga bagi banyak orang, baik sebagai gereja, masjid, maupun museum. Oleh karena itu, Anda harus menghormati aturan dan etika yang berlaku di sana, seperti memakai pakaian yang sopan, melepas sepatu saat masuk ke area masjid, tidak berisik atau mengganggu pengunjung lain, dan tidak menyentuh atau merusak benda-benda yang ada di dalamnya.

Nikmati pemandangan sekitarnya

Hagia Sophia tidak hanya menawarkan keindahan di dalamnya, tetapi juga di sekitarnya. Anda dapat melihat pemandangan kota Istanbul yang spektakuler dari balkon atau teras Sophia. Anda juga dapat mengunjungi tempat-tempat wisata lain yang ada di sekitar Sophia, seperti Istana Topkapi, Masjid Biru, Basilika Cistern, Menara Galata, dan Grand Bazaar.

Baca Juga : Destinasi Populer Di Argentina El Ateneo Grand Splendid

Keuntungan Berwisata Ke Hagia Sophia

Berwisata ke Hagia Sophia adalah sebuah pengalaman yang menarik dan berkesan. Anda dapat menikmati keindahan arsitektur dan dekorasi Sophia, yang merupakan warisan dunia yang menggabungkan unsur-unsur Kristen dan Islam. Anda juga dapat belajar tentang sejarah dan budaya Sophia, yang telah menjadi saksi dari perubahan zaman dan agama di Istanbul, Turki. Selain itu, Anda dapat mengunjungi tempat-tempat wisata lain yang ada di sekitar Sophia, seperti Istana Topkapi, Masjid Biru, Basilika Cistern, Menara Galata, dan Grand Bazaar.

Beberapa keuntungan berwisata ke Hagia Sophia adalah

Di bawah ini kami akan memberikan keuntungan kepda kalian semua yang berwisata ke Hagia Sophia.

  • Anda dapat mengagumi kubah besar Sophia, yang memiliki diameter 31 meter dan tinggi 56 meter, dan dianggap sebagai salah satu karya arsitektur terbaik di dunia. Kubah ini didukung oleh empat pilar besar dan empat lengkungan, dan dihiasi dengan mozaik dan kaligrafi yang indah.
  • Anda dapat melihat mosaik-mosaik yang menggambarkan kisah Yesus, Bunda Maria, dan kaisar-kaisar Bizantium, yang terletak di bagian atas dinding dan langit-langit Hagia Sophia. Mosaik-mosaik ini dibuat dengan menggunakan potongan-potongan kaca berwarna yang disusun dengan teliti dan cermat.
  • Anda dapat menyaksikan piringan-piringan raksasa yang terbuat dari kayu dan tembaga, yang tergantung di empat sudut Sophia. Piringan-piringan ini bertuliskan nama Allah, Nabi Muhammad SAW, empat khalifah, dan dua cucu Nabi Muhammad SAW. Piringan-piringan ini memiliki diameter sekitar 7,5 meter dan berat sekitar 500 kg.
  • Anda dapat mengunjungi makam-makam para sultan Utsmaniyah dan keluarganya, yang terletak di belakang bangunan utama Sophia. Makam-makam ini memiliki arsitektur dan dekorasi yang mewah dan megah, dengan kubah, pilar, dan mozaik yang berwarna-warni. Anda juga dapat melihat barang-barang peninggalan mereka, seperti pedang, perhiasan, dan pakaian.
  • Anda dapat menikmati pemandangan kota Istanbul yang spektakuler dari balkon atau teras Sophia. Anda dapat melihat keindahan Masjid Biru, Laut Marmara, Selat Bosphorus, dan Jembatan Galata dari ketinggian. Anda juga dapat mengabadikan momen Anda dengan berfoto-foto di sana.

Hal yang harus Di Persiapkan Jika Berwisata ke Hagia Sophia

Berwisata ke Hagia Sophia adalah sebuah pilihan yang bagus jika Anda ingin melihat salah satu bangunan bersejarah dan megah di Istanbul, Turki. Sophia adalah sebuah museum yang dulunya adalah gereja dan masjid, dan memiliki arsitektur yang menggabungkan unsur-unsur Kristen dan Islam. Anda dapat menikmati keindahan dan kekayaan sejarah Hagia Sophia, serta mengunjungi tempat-tempat wisata lain yang ada di sekitarnya. Namun, sebelum Anda berwisata ke Hagia, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan, antara lain:

• Tiket masuk

Untuk bisa masuk ke dalam Sophia, Anda harus membayar tiket masuk sebesar 25 Lira (sekitar Rp 50.000). Anda dapat membeli tiket masuk secara online melalui situs resmi Hagia Sophia atau melalui aplikasi lain yang menawarkan layanan ini. Dengan begitu, Anda dapat menghemat waktu dan menghindari antrian di loket.

• Waktu kunjungan

Hagia Sophia adalah salah satu tempat wisata paling populer di Istanbul, sehingga sering kali ramai dan penuh dengan pengunjung. Jika Anda ingin menghindari keramaian dan antrian panjang, sebaiknya Anda mengunjungi Sophia pada pagi atau sore hari, dan menghindari hari libur atau akhir pekan.

• Tur berpemandu

Untuk dapat mengapresiasi keindahan dan kekayaan sejarah Sophia, sebaiknya Anda ikut tur berpemandu yang disediakan oleh museum atau penyedia jasa lainnya. Anda dapat memilih tur berpemandu dalam bahasa yang Anda inginkan, dan mendapatkan penjelasan yang lengkap dan menarik tentang Sophia.

• Pakaian yang sopan

Hagia Sophia adalah sebuah tempat yang sakral dan berharga bagi banyak orang, baik sebagai gereja, masjid, maupun museum. Oleh karena itu, Anda harus menghormati aturan dan etika yang berlaku di sana, seperti memakai pakaian yang sopan, melepas sepatu saat masuk ke area masjid. Tidak berisik atau mengganggu pengunjung lain, dan tidak menyentuh atau merusak benda-benda yang ada di dalamnya.

• Kamera atau ponsel

Anda tentu tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen Anda di Hagia Sophia, yang merupakan salah satu warisan dunia yang luar biasa. Anda dapat membawa kamera atau ponsel Anda untuk berfoto-foto di sana. Tetapi Anda harus memperhatikan larangan penggunaan flash atau tripod di beberapa area abkhaziya.net.

Similar Posts

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *