Nusa Penida – Wisata Bali Dengan Beragam Keindahan Alam Laut Dan Daratannya

Nusa Penida memiliki keindahan alam yang luar biasa, yakni dengan tebing-tebing kapur tinggi yang menjulang keatas, air laut yang biru, dan juga berbagai pantai-pantai yang indah.

Nusa-Penida---Wisata-Bali-Dengan-Beragam-Keindahan-Alam-Laut-Dan-Daratannya

Akses Menuju Nusa Penida

Pulau ini juga merupakan tempat perlindungan bagi berbagai jenis burung, termasuk jalak Bali yang sangat langka. Untuk bisa mengunjungi Wisata Nusa Penida, kamu bisa naik speed boat dari Sanur, Bali. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 30-45 menit. Kamu bisa memilih untuk mengikuti paket tur sehari, yang sudah termasuk kapal antar-jemput hotel, tiket, dan biaya masuk ke pulau. Dengan paket ini, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat menarik di Wisata Nusa Penida, seperti Pantai Kelingking, Tebing Paluang, dan Teluk Kristal.

Kamu bisa menemukan tempat-tempat tersembunyi yang tidak kalah menawan, seperti Bukit Teletubbies, Rumah Pohon, Kolam Alam Tembeling, dan Air Terjun Seganing. Kamu juga bisa berinteraksi dengan monyet-monyet yang hidup di sekitar pura. Monyet-monyet ini cukup jinak dan lucu, tetapi juga bisa nakal dan mencuri barang-barang milik pengunjung. Kamu bisa memberi mereka makan dengan buah, kacang, atau permen, tetapi jangan memberi mereka makanan yang pedas, asin, atau beralkohol.

Berbagai Lokasih Menarik Yang Terdapat di Nusa Penida

Wisata Nusa Penida juga memiliki beberapa lokasi yang menarik. Oleh Karna itu, berikut dibawah ini kami akan memberitahukan serta menjelaskannya kepada Anda:

1.Teluk Penida

Tempat ini adalah sebuah teluk yang berada di timur laut Pulau Nusa Penida, antara Toyapakeh dan Teluk Crystal.Teluk ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, dengan air laut yang biru dan jernih, serta terumbu karang yang berwarna-warni.

Teluk Penidaakibat terbentuknya runtuhnya sebagian tebing yang membentuk sebuah lengkungan yang menghubungkan teluk dengan laut lepas. Tempat ini juga disebut dengan nama Broken Beach atau Pasih Uug oleh masyarakat setempat. Teluk ini memiliki pantai yang sangat kecil dan tidak dapat diakses oleh pengunjung, tetapi dapat dilihat dari atas tebing.

Teluk Penidamemiliki arus laut yang kuat dan bervariasi, yang dipengaruhi oleh musim dan pasang surut. Oleh karena itu, pengunjung yang ingin menyelam di sini harus berhati-hati dan menyelam dengan pemandu yang berpengalaman.

2. Batu Lumbung (Titik Manta)

Batu Lumbung (Manta Point) adalah salah satu lokasi menyelam yang menarik di Pulau Nusa Penida, Bali. Lokasi ini terletak di sebelah selatan pulau, dan mendapat nama dari ikan pari manta yang sering berkunjung ke sini. Batu Lumbung (Manta Point) memiliki topografi yang unik, dengan tebing-tebing kapur yang menjulang tinggi dan batu-batu besar yang berada di bawah permukaan udara.

Jarak pandang di lokasi ini tidak terlalu baik, hanya sekitar 5-20 meter tergantung kondisi cuaca. Arus di lokasi ini juga cukup kuat dan bervariasi, sehingga penyelaman harus berhati-hati dan menyelam dengan pemandu yang berpengalaman. Hal utama yang bisa dilihat saat menyelam di Batu Lumbung (Manta Point) adalah ikan pari manta yang berukuran besar dan cantik.

Ikan pari manta di lokasi ini bisa memiliki berbagai warna dan ukuran, dari yang berwarna abu-abu terang dengan perut putih hingga yang berwarna hitam dengan bercak putih di rahang. Di antaranya adalah ikan kaisar, ikan sweetlips, ikan hiu ujung putih, ikan mola-mola, ikan penyu, dan udang mantis.

Baca Juga : Taman Nasional Yosemite Surga Dunia Yang Ada Di Amerika Serikat

3. Batu Meling

Batu Meling merupakan sebuah lokasi menyelam yang menarik di Pulau Nusa Penida, Bali. Lokasi ini terletak di sebelah selatan pulau, dan mendapat nama dari batu-batu besar yang berada di bawah permukaan air. Batu-batu ini menjadi tempat tinggal dan pembersihan bagi ikan pari manta yang sering berkunjung ke sini.

Untuk bisa menyelam di Batu Meling, penyelaman harus naik kapal cepat dari Sanur, Bali. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 45-60 menit. Penyelam bisa memilih untuk mengikuti paket tur sehari atau menginap di Wisata Nusa Penida.

4.Toya Pakeh

Tempat ini merupakan sebuah tempat yang memiliki keindahan alam yang luar biasa, yakni dengan air laut yang begitu biru serta jernih, dan juga terumbu karang yang memiliki bentuk berbeda-beda dan berwarna-warni.Toya Pakehjuga memiliki fasilitas yang lengkap, seperti tempat parkir, warung, restoran, kafe, dan penyewaan kendaraan.

Pada tmpat ini, pengunjung bisa memilih untuk mengikuti paket tur sehari, yang sudah termasuk antar-jemput hotel, tiket kapal, dan biaya masuk ke pulau. Jika para pengunjung memiliki waktu liburan atau jalan-jalan yang banyak, maka para pengunjung dapat menyewa sepeda motor yang ada di tempat ini dan juga bisa menjelajahi pulau ini dengan lebih leluasa.

5. Titik Malibu

Tempat ini merupakan sebuah lokasi menyelam yang menarik di Pulau Nusa Penida. Lokasi ini terletak di sebelah selatan pulau, dan mendapat nama dari batu-batu besar yang berada di bawah permukaan air. Saat menyelam di Malibu Point ada ikan pari manta yang berukuran besar dan cantik. Ikan pari manta di lokasi ini bisa memiliki berbagai warna dan ukuran, dari yang berwarna abu-abu terang dengan perut putih hingga yang berwarna hitam dengan bercak putih di rahang.

Berbagai Hal Menyenangkan Yang Akan Didapatkan Ketika Berada di Nusa Penida

Wisata Nusa Penida adalah sebuah pulau yang menawarkan banyak hal menyenangkan bagi pengunjungnya. Berikut adalah beberapa hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan ketika berada di Wisata Nusa Penida:

  • Menjelajahi keindahan alam pulau ini, seperti pantai-pantai, tebing-tebing, bukit-bukit, dan air terjun yang indah. Kamu bisa menyewa sepeda motor atau mobil untuk mengakses tempat-tempat ini, atau mengikuti paket tur yang sudah disediakan. Beberapa tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Kelingking, Tebing Paluang,Bukit Teletubbies, Rumah Pohon, Kolam Alam Tembeling, dan Air Terjun Seganing.
  • Menikmati Kebudayaan dan tradisi lokal yang khas dan menarik, dengan mengunjungi beberapa pura dan desa adat yang ada di pulau ini. Kamu bisa melihat arsitektur dan ukiran pura yang memiliki nilai sejarah dan keagamaan yang tinggi, serta mengikuti upacara-upacara yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Kamu juga bisa belajar tentang kehidupan dan kearifan lokal yang masih dijaga oleh penduduk desa adat.
  • Mencoba kuliner khas Nusa Penida yang lezat dan segar, dengan mengunjungi beberapa warung, restoran, atau kafe yang ada di sekitar pulau ini. Kamu bisa menemukan berbagai macam makanan dan minuman yang menggugah selera, seperti lawar, tipat kuah, sate lilit, nasi campur, es cendol, jus buah, dan lain-lain. Kamu juga bisa menikmati suasana yang santai dan nyaman di tempat-tempat ini, sambil menikmati pemandangan laut atau pegunungan. Hal ini tentunya akan membuat kamu menjadi tenang dan menyenangkan, ketika berlibura ke Wisata Nusa Penida. Tempat ini merupakan tempat surganya bagi para pengunjung. abkhaziya.net.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *