Air Terjun Pelaruga : Wisata Pemandian Alam Paling Menakjubkan

Air Terjun Pelaruga merupakan sebuah salah satu wisata alam tebaik saat ini yang terletak di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

11zon_Air-Terjun-Pelaruga--Wisata-Pemandian-Alam

Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih dan menyegarkan, dimana memiliki beragam warna-warna yang berbeda pada setiap tempatnya serta pemandangan yang indah dan sejuk.

Beragam Daya Tarik Wisata Air Terjun Palaruga

Air Terjun Pelaruga ditemukan pada tahun 2017 oleh seorang pemandu wisata lokal bernama Rizal. Ia menemukan air terjun ini saat sedang berburu hewan di hutan. Di wisata ini anda bukan hanya dapat mengunjungi satu tempat saja, namun juga disini terdapat berbagai tempat pemandian yang dapat anda kunjungi. Oleh karna itu, Berikut dibawah ini penjelasan singkat tentang beberapa daya tarik yang ada di tempat ini:

1. Air Terjun Teroh-Teroh

Kolam ini juga memiliki warna biru muda yang menawan, serta pasir dan batu di bagian dasarnya. Air Terjun Teroh-Teroh ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter disaat para pengunjung melihat dari atas air terjunnya dan memiliki lebar sekitar 5 meter yang dapat membuat para pengunjung beramai-ramai mengikuti arus air terjun ini. Air Terjun Teroh-Teroh merupakan salah satu destinasi wisata yang palaing ramai dikunjungi saat ini, yang dimana sangat cocok untuk Anda yang menyukai petualangan dan keindahan alam. Anda bisa menikmati pemandangan yang memukau, air yang menyegarkan, dan suasana yang asri di tempat ini.

2. Kolam Abadi

Tempat ini memiliki air yang sangat jernih dan sejuk untuk dikunjungi dan dimandikan, yang dimana berasal dari sumber mata air yang alami. Kolam ini juga memiliki warna biru muda yang menawan, serta pasir dan batu di bagian dasarnya. Kolam Abadi berada di dekat Air Terjun Teroh-Teroh, sebuah air terjun yang memiliki air sejernih Kolam Abadi, tetapi dengan arus yang tidak terlalu deras.

3. Air Terjun Tongkat

Air terjun ini memiliki ciri khas yaitu adanya sebuah batang pohon besar yang melintang di tengah-tengah aliran air terjun, sehingga tampak seperti sebuah tongkat raksasa.

Berbagai Fasilitas Yang Dimiliki Air Terjun Palaruga

Air Terjun Pelaruga adalah sebuah objek wisata alam yang memiliki beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Berikut dibawah ini penjelasan tentang fasilitas yang dimiliki Air Terjun Pelaruga:

  • Lahan parkir. Air Terjun Pelaruga memiliki lahan parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan para pengunjung.
  • Warung makan. Air Terjun Pelaruga juga memiliki beberapa warung makan yang menyediakan makanan dan minuman bagi pengunjung yang merasa lapar atau haus.
  • Gazebo. Air Terjun Pelaruga juga memiliki beberapa gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat, bersantai, atau berfoto.
  • Toilet umum. Air Terjun Pelaruga juga memiliki toilet umum yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk buang air kecil atau besar.
  • Penginapan. Penginapan ini berupa rumah-rumah warga yang disewakan dengan harga yang bervariasi.

Baca Juga : Wisata Pendakian Gunung Di Indonesia Yang Sangat Indah

Cara Menuju Ke Air Terjun Palaruga

Untuk menuju ke air terjun Pelaruga, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Dari Kota Binjai, Anda harus mengambil jalur menuju Namoukur, yang berjarak sekitar 40 km.
  2. Kemudian dari Namoukur, Anda harus mengambil jalur menuju Desa Rumah Galuh, yang berjarak sekitar 10 km.
  3. Dari Desa Rumah Galuh, Anda harus berjalan kaki menyusuri tepi sungai aliran Air Terjun Pelaruga selama sekitar 30 menit.
  4. Setelah berjalan kaki sekitar 30 menit, Anda akan sampai di lokasi Air Terjun Pelaruga.

Daftar Berbagai Harga Berkunjung di Air Terjun Palaruga

Berikut dibawah ini ada penjelasan tentang daftar harga berkunjung ke Air Terjun Pelaruga yang harus ada keluarkan:

  • Untuk bisa menikmati wisata di Air Terjun Pelaruga, pengunjung perlu membayar sejumlah biaya tiket masuk sebesar Rp 50.000 per orang.
  • Selain tiket masuk, di tempat ini juga pengunjung terlebih dahulu harus membayar biaya parkir jika menggunakan kendaraan pribadi.
  • Hal Yang Harus Diwasapadai dan Diperhatikan Ketika Berkunjung Ke Air Terjun Palaruga
  • Saat berkunjung ke Air Terjun Pelaruga, ada beberapa hal yang harus diwaspadai dan diperhatikan oleh pengunjung, seperti:
  • Pilih waktu yang tepat. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Air Terjun Pelaruga ialah pada pagi hari atau juga disiang hari, jika hari tersebut cerah dan tidak hujan. Hal ini untuk menghindari kemungkinan banjir atau longsor yang bisa membahayakan perjalanan Anda.
  • Persiapkan perlengkapan. Sebelum berangkat pastikan secara terlebih dahulu Anda membawa perlengkapan yang dibutuhkan atau secukupnya, seperti perlengkapan pakaian, skincare, kamera, dan lain-lain.
  • Ikuti aturan dan petunjuk. Saat tiba di lokasi wisata, Anda harus mengikuti aturan dan petunjuk yang ada, seperti membayar tiket masuk, menjaga kebersihan, tidak merusak lingkungan, tidak berenang di tempat yang dilarang, dan lain-lain.
  • Nikmati aktivitas seru. Di tempat ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru, seperti berenang, body rafting, hunting foto, menikmati keindahan di tempat ini, bermain lompat bebas, trekking, atau bersantai di gazebo.
  • Jangan mudah percaya. Di Air Terjun Pelaruga, Anda mungkin akan bertemu dengan orang-orang yang menawarkan jasa pemandu, pelampung, dokumentasi, atau barang-barang lainnya dengan harga yang murah atau bahkan gratis.

Berbagai Momen Yang Harus Di Abadikan Ketika Berkunjung Ke Air Terjun Palaruga

Momen ketika berliburan atau mengunjungi tempat wisata merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan. Oleh karna itu, berikut dibawah ini beberapa momen yang harus Anda abadikan ketika berkunjung ke di tempat ini:

  1. Body Rafting. Anda bisa merasakan sensasi menyenangkan dan menegangkan saat berpetualang di sungai ini. Momen ini bisa Anda abadikan dengan menggunakan kamera tahan air atau action cam yang bisa Anda pasang di helm atau jaket pelampung Anda.
  2. Hunting Foto. Hunting Foto adalah aktivitas yang mencari spot-spot fotogenik untuk mengambil foto. Anda bisa melakukan hunting foto di tempat ini, karena tempat ini memiliki banyak spot yang bagus untuk berfoto. Anda bisa berfoto di depan air terjun, di atas jembatan gantung, di gazebo, atau di tempat-tempat lain yang Anda sukai. Ditemopat ini bisa berpose sendiri, bersama teman-teman, atau dengan latar belakang alam yang indah. Momen ini bisa Anda abadikan dengan menggunakan kamera ponsel, kamera digital, atau kamera profesional yang Anda bawa.
  3. Menikmati Keindahan Air Terjun. Menikmati Keindahan di tempat ini adalah aktivitas yang melihat dan mengagumi keindahan di tempat ini yang ada di Air Terjun Pelaruga. Momen ini bisa Anda abadikan dengan mengambil foto atau video dari sudut-sudut yang menarik, atau dengan duduk dan merenung di pinggir air terjun.Sehingga hal tersebut bisa menjadikan momen paling berharga anda dan juga sekaligus menjadi penggalaman terbaik anda abkhaziya.net.

Similar Posts

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *